Pengaruh senam peregangan dan bakat berpikir mekanik terhadap prestasi belajar las busur listrik siswa kelas I TMO SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh senam peregangan dan bakat berpikir mekanik terhadap prestasi belajar las busur listrik siswa kelas I TMO SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhari

Muhari (2012) Pengaruh senam peregangan dan bakat berpikir mekanik terhadap prestasi belajar las busur listrik siswa kelas I TMO SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Waras Kamdi M.Pd (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata kunci senam peregangan bakat berpikir mekanik prestasi belajar las busur listrik. Prestasi belajar las busur listrik dipengaruhi oleh kemampuan koordinasi tangan dan mata disamping pengetahuan tentang teknik las (Jeffus 2003 14) selanjutnya Alter (1996 5) mengatakan bahwa koordinasi tangan dan mata dapat ditingkatkan melalui senam peregangan. Kedua teori inilah yang mendasari kajian dalam penelitian ini dengan ditambahkan faktor bakat berpikir mekanik sebagai variabel moderator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan senam peregangan yaitu senam peregangan statis senam peregangan dinamis dan bakat berpikir mekanik terhadap prestasi belajar las busur listrik. Ada tiga hal yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu (1) pengaruh yang signifikan prestasi belajar las busur listrik antara kelompok siswa yang diberi perlakuan senam peregangan statis dan kelompok siswa yang diberi perlakuan senam peregangan dinamis (2) pengaruh yang signifikan prestasi belajar las busur listrik antara kelompok siswa yang mempunyai bakat berpikir mekanik tinggi dan kelompok siswa yang mempunyai bakat berpikir mekanik rendah dan (3) interaksi antara perlakuan senam peregangan dan bakat berpikir mekanik siswa ada pengaruh terhadap prestasi belajar las busur listrik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengukuran terhadap variabel dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu (1) instrumen tes teori las busur listrik dalam bentuk tes objektif (2) instrumen penilaian hasil praktik las busur listrik dan (3) intrumen tes bakat berpikir mekanik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi12 dengan analisis Anova Dua Jalur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar las busur listrik antara kelompok siswa yang memperoleh perlakuan senam peregangan statis dan kelompok siswa yang memperoleh perlakuan senam peregangan dinamis. (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar las busur listrik antara kelompok siswa yang mempunyai bakat berpikir mekanik tinggi dan siswa yang mempunyai bakat berpikir mekanik rendah. (3) tidak ada interaksi antara perlakuan senam peregangan dan bakat berpikir mekanik yang berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar las busur listrik. Berdasarkan temuan penelitian guru perlu memberikan perlakuan senam peregangan sebagai persiapan fisik siswa untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata sebelum melaksanakan praktik las busur listrik. Guru juga perlu memperhatikan faktor bakat khususnya bakat berpikir mekanik sehingga prestasi belajar siswa dapat dioptimalkan. Bidang kajian penelitian ini merupakan hal baru penelitian lanjutan diharapkan mengkaji lebih mendalam tentang gerakan peregangan dan jenis senam peregangan untuk meningkatkan prestasi belajar psikomotorik keteknikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61841

Actions (login required)

View Item View Item