Hubungan antara persepsi siswa tentang peran DU/DI dalam praktik kerja industri an sikap kewirausahaan sisw kelas XII Teknik Permesinan SMK Negeri 6 Malang tahun 2011 / Kurnia Gangga Pradhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi siswa tentang peran DU/DI dalam praktik kerja industri an sikap kewirausahaan sisw kelas XII Teknik Permesinan SMK Negeri 6 Malang tahun 2011 / Kurnia Gangga Pradhana

Pradhana, Kurnia Gangga (2012) Hubungan antara persepsi siswa tentang peran DU/DI dalam praktik kerja industri an sikap kewirausahaan sisw kelas XII Teknik Permesinan SMK Negeri 6 Malang tahun 2011 / Kurnia Gangga Pradhana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hubungan praktik kerja industri sikap kewirausahaan. Peran Dunia Usaha atau Industri (DU/DI) dalam Praktik Kerja Industri (Prakerin) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah meningkatkan kompetensi siswa. Salah satunya sikap dalam kompetensi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang peran DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (2) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang komitmen DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (3) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang komunikasi DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (4) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang kesesuaian materi pelatihan DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (5) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang efisiensi pengalaman belajar DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (6) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang evaluasi DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan (7) menguji hubungan antara persepsi siswa tentang upaya peningkatan kompetensi DU/DI dalam praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik analisis statistik korelasi dan regresi linear berganda akan diramalkan peningkatan dan sumbangan efektif variabel prediktor terhadap variabel kriterium. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Pemesinan SMKN 6 Malang tahun 2011 sebanyak 85 orang. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket dikembangkan berdasarkan kisi-kisi indikator variabel. Instrumen diuji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson sedangkan reliabilitas diuji menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Instrumen menunjukkan hasil tingkat reliabilitas angket nilai Alpha yaitu (1) Sikap kewirausahaan sebesar 0 734 (2) Komitmen sebesar 0 784 (3) Komunikasi sebesar 0 791 (4) Kesesuaian materi pelatihan sebesar 0 756 (5) Efisiensi pengalaman belajar sebesar 0 860 (6) Evaluasi sebesar 0 765 (7) Upaya peningkatan kompetensi sebesar 0 908. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Perubahan persepsi siswa terhadap peran DU/DI akan memberikan dampak kuat yang searah dengan sikap kewirausahaannya. Besarnya perubahan tersebut mempunyai nilai efektifitas 58 6% dan dapat diprediksikan dengan persamaan y 50 12 - 0 469 x1 0 758 x2 0 946 x3 0 553 x4 0 530 x5 0 484 x6 (2) Perubahan persepsi siswa terhadap komitmen DU/DI akan memberikan dampak yang berlawanan arah dengan sikap kewirausahaannya (3) Perubahan persepsi siswa terhadap komunikasi DU/DI akan memberikan dampak yang searah dengan sikap kewirausahaannya (4) Perubahan persepsi siswa terhadap kesesuaian materi pelatihan DU/DI akan memberikan dampak yang searah dengan sikap kewirausahaannya (5) Perubahan persepsi siswa terhadap efisiensi pengalaman belajar DU/DI akan memberikan dampak yang searah dengan sikap kewirausahaannya (6) Perubahan persepsi siswa terhadap evaluasi DU/DI akan memberikan dampak yang searah dengan sikap kewirausahaannya (7) Perubahan persepsi siswa terhadap upaya peningkatan kompetensi oleh DU/DI akan memberikan dampak yang searah dengan sikap kewirausahaannya. Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat memberikan solusi pengembangan sikap kewirausahaan dalam prakerin adalah (1) BKK sekolah menjalin hubungan dengan industri dalam bidang manajemen (2) Guru mempersiapkan pola kewirausahaan pada pelajaran produktif (3) Bidang Humas sekolah membuat perangkat evaluasi penilaian kewirausahaan siswa prakerin (4) DU/DI memperkenalkan aktifitas manajemen industri kepada siswa prakerin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61840

Actions (login required)

View Item View Item