Meningkatkan prestasi belajar sistem penerangan dengan menggunakan CD modul pembelajaran interaktif siswa teknik kendaraan ringan siswa SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Makhfud - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar sistem penerangan dengan menggunakan CD modul pembelajaran interaktif siswa teknik kendaraan ringan siswa SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Makhfud

Makhfud, Muhammad (2012) Meningkatkan prestasi belajar sistem penerangan dengan menggunakan CD modul pembelajaran interaktif siswa teknik kendaraan ringan siswa SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Makhfud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci prestasi belajar CD modul interaktif sistem penerangan teknik kendaraan ringan Sebagai upaya memperbaiki pelaksanaan pembelajaran maka komponen-komponen pada pembelajaran menjadi perhatian dalam penelitian tindakan kelas ini. Keterbatasan sarana belajar yang berdampak terhadap pelaksanaan pembelajaran menuntut adanya upaya perbaikan sebagai pengganti ketersedian sarana. Penggunaan CD modul interaktif adalah upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam merangkai sistem penerangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan modul interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar kompensi sistem penerangan (2) Upaya peningkatan prestasi belajar kompetensi sistem penerangan siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso melalui penerapan modul interaktif (3)Merumuskan CD modul interaktif yang mampu meningkatkan prestasi belajar kompetensi sistem penerangan siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso Penelitian ini menggunakan ran cang an penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaku kan di SMK Negeri 3 Bondowoso. Sebagai subjek penelitian dipilih kelas dengan jumlah 16 siswa dari 36 siswa. Pene li tian ini menggunakan instrumen preetes dan postes untuk pengumpulan data. Dari hasil penelitian mengungkap fakta bahwa (1) Penggunaan CD modul interaktif pada mata pelajaran sistem penerangan mampu meningkatkan prestasi belajar (2) Prestasi belajar siswa meningkat secara bertahap peningkatan pada siklus I masih kecil namun semakin meningkat pada siklus III peningkatan diperoleh setelah dilakukan langkah perbaikan pada CD modul interaktif yaitu dengan memberikan animasi rangkaian penambahan lembar kerja sesuai gambar rangkaian dan petunjuk perbaikan gangguan atau trouble shootting (3) CD modul interaktif yang mampu meningkatkan prestasi belajar adalah CD yang telah menampilkan gambar komponen sesungguhnya memiliki animasi yang mampu mengulang dan memperlambat rangkaian dan petunjuk perbaikan gangguan. Berdasarkan hasil penelitian menyarankan (1) Guru perlu upaya perbaikan proses belajar termasuk penggunaan modul sebagai inovasi pembelajaran untuk mengatasi masalah ketersedian alat praktek.(2) Peneliti lain mela kukan penelitian lanjutan penggunaan animasi dan simulasi sebagai alternatif dalam mengatasi keterbatasan sarana belajar. (3) siswa harus mampu memilih dan menggunakan CD modul interaktif dengan baik sesuai dengan karakter CD modul yang memberi kebebasan dalam memilih materi dan mengoperasikannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61839

Actions (login required)

View Item View Item