Binantri, Pramana Heri (2012) Pengembangan materi AC split melalui e-learning untuk pembekalan prakerin siswa kompetensi Keahlian Teknik Pendinginan dan Tata Udara SMKN 1 Cerme Gresik / Pramana Heri Binantri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci pengembangan materi AC Split prakerin. Materi AC Split adalah kelompok mata pelajaran produktif dengan standar kompetensi yakni melakukan pekerjaan dengan AC Split. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran penting pendukung keberhasilan prakerin ditemukan beberapa masalah. Masalah-masalah tersebut adalah (1) mata pelajaran ditempuh siswa setelah kegiatan prakerin (2) sumber belajar/bahan ajar belum memadai dan (3) prasarana dan sarana belum memadai. Ketiga komponen tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas prakerin. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan bahwa alat dan bahan ajar merupakan faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Alat dan bahan ajar merupakan fasilitas/sumber belajar yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Pendayagunaan fasilitas dan sumber belajar memiliki arti yang sangat penting dalam melengkapi memelihara dan memperkaya khasanah belajar. Oleh karena itu pendayagunaan fasilitas dan sumber belajar secara maksimal akan memandu peserta prakerin dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut perlu segera mendapat perhatian dan pemecahan dan apabila dibiarkan akan menghambat proses pembelajaran. Hal ini akan berimplikasi pada kesiapan pembelajaran yang ada di Kompetensi Keahlian Teknik Pendinginan dan Tata Udara. Masalah-masalah penting yang perlu ditangani adalah pengadaan materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta prakerin. Oleh karena itu dipandang perlu untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sangat diperlukan oleh peserta prakerin. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mewujudkan rancangan pembelajaran berupa e-learning yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMKN 1 Cerme Gresik. Rancangan pembelajaran berupa modul ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan prakerin siswa SMKN 1 Cerme Gresik khususnya untuk materi AC Split Model pengembangan yang digunakan dalam rancangan pembelajaran ini adalah Model Dick and Carey (2001). Model ini terdiri dari sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik peserta prakerin (4) merumuskan tujuan kegiatan pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan penilaian formatif dan (9) merevisi materi pembelajaran. Produk pengembangan materi AC Split selanjutnya mengalami beberapa tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah (1) review oleh ahli isi mata pelajaran (2) review ahli desain dan media pembelajaran (3) uji perorangan (4) uji coba kelompok kecil dan (5) uji coba lapangan. Materi berupa e-Learning yang dihasilkan dalam pengembangan memiliki komponen-komponen (1) judul atau topik (2) petunjuk penggunaan e-Learning (3) pengantar atau prakata (4) prasyarat (5) standar kompetensi/kompetensi dasar (6) tujuan kegiatan pembelajaran (7) pretes (cek kemampuan) (8) kegiatan pembelajaran (materi) (9) rangkuman (10) soal latihan/tugas (11) tes formatif (12) kunci jawaban dan (13) daftar rujukan. Keterbatasan yang dimiliki materi pembelajaran ini adalah (1) pengembangan materi ini didasarkan pada analisa kebutuhan dan karakteristik SMKN I Cerme Gresik Kompetensi Keahlian Teknik Pendinginan dan Tata Udara (2) pengembangan materi terbatas pada materi AC Split (3) proses pengembangan hanya sampai pada tahap penilaian formatif. Setelah melalui serangkaian uji coba menunjukkan materi pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam mata pelajaran AC Split. Hal ini diperkuat dengan hasil penilaian angket berdasarkan uji coba lapangan berada di atas kriteria yang ditetapkan yakni di atas 71% sehingga layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61838 |
Actions (login required)
View Item |