Pengaruh penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap kompetensi pengerjaan finishing kayu pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah jurusan teknik perabot kayu di SMK Negeri 6 Malang / Sri Peni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap kompetensi pengerjaan finishing kayu pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah jurusan teknik perabot kayu di SMK Negeri 6 Malang / Sri Peni

Peni, Sri (2012) Pengaruh penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap kompetensi pengerjaan finishing kayu pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah jurusan teknik perabot kayu di SMK Negeri 6 Malang / Sri Peni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Achmad Tutjik Moechid M.Sc. Ph.D. (2) Drs. H. Ahmad Dardiri M.Pd. Kata kunci Metode pembelajaran prestasi kompetensi pengerjaan finishing Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu (2) pengaruh prestasi siswa terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu dan (3) interaksi peng-gunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi serta tinggi rendahnya prestasi terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian Faktorial Desain Dua Jalur (2x2). Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas 3 SMK Negeri 6 Malang yang terdiri dari dua kelas berjumlah 40 orang. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan prestasi belajar. Metode pembelajaran terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan kelompok penggunaan job sheet dengan metode demonstrasi. Demikian juga variabel prestasi terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok prestasi tinggi dan kelompok prestasi rendah. Sedangkan Variabel terikatnya adalah kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu dengan politur. Teknik analisis data yang digunakan adalah F-test dan dilanjutkan dengan uji komparasi Posthoc-test. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu (2) ada pengaruh signifikan siswa berprestasi tinggi dan rendah terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu dan (3) ada interaksi signifikan antara penggunaan job sheet dengan metode ceramah-tanya jawab dan metode demonstrasi dan tinggi rendahnya prestasi terhadap kompetensi dalam pengerjaan finishing kayu. Sedangkan hasil uji komparasi Posthoc-test menunjukkan bahwa penggunaan job sheet dengan metode demonstrasi mempengaruhi secara signifikan tingkat pencapaian kompetensi pengerjaan finishing kayu terhadap siswa yang berprestasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu diadakan penelitian lanjutan yaitu (1) penelitian sejenis dengan populasi yang lebih besar (2) pe-nelitian dengan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan penelitian ini didukung dengan media pembelajaran (3) penelitian dengan menggunakan variabel lain yang erat hubungannya dengan kemampuan siswa dan diduga ikut mempengaruhi hasil belajarnya dan (4) penelitian dilakukan pada kompetensi dan mata diklat produktif yang berbeda pada semua tingkat program keahlian di tingkat SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61837

Actions (login required)

View Item View Item