Pengaruh penyertaan CD tutorial, LCD projector terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak (Autocat) bagi siswa kelas pagi dan sore di SMKN 1 Singosari / Isdiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penyertaan CD tutorial, LCD projector terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak (Autocat) bagi siswa kelas pagi dan sore di SMKN 1 Singosari / Isdiyanto

Isdiyanto (2012) Pengaruh penyertaan CD tutorial, LCD projector terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak (Autocat) bagi siswa kelas pagi dan sore di SMKN 1 Singosari / Isdiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. A. Tutjik Moechid M.Sc Ph.D (II) Drs. H. Bambang Widarta M.T. Kata kunci CD tutorial LCD projector kompetensi kelas pagi dan kelas sore. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan berba-gai macam media pembelajaran oleh guru bidang studi di kalangan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dan adanya program sekolah besar di SMKN 1 Singosari yang berdampak pada waktu pembelajaran siswa dilakukan di waktu pagi hari dan di waktu sore hari. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pe-ngaruh metode pembelajaran dengan penyertaan CD Tutorial LCD Projector atau secara konvensional terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggu-nakan perangkat lunak (AutoCAD) 2) mengetahui pengaruh waktu pelaksanaan pembelajaran pagi hari dan sore hari terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak dan 3) mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dengan penyertaan CD Tutorial LCD Projector atau secara konvensional dan waktu pembelajaran pagi hari dan sore hari terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan Desain Faktorial Dua Jalur untuk menjawab permasalahan di atas. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran secara demonstrasi dengan menyertakan tiga alat bantu dalam proses pembelajarannya yaitu menggunakan CD Tutorial LCD Projector dan secara Konvensional (papan tulis) pada siswa kelas pagi dan kelas sore sebagai variabel bebasnya dan pencapaian kompetensi atau hasil belajar sebagai variabel terikatnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengambil 48 siswa sebagai sampel dari total populasi sejumlah 51 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyertaan multimedia dalam pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil pencapaian kompetensi Gambar Dasar menggunakan Perangkat Lunak (AutoCAD). Hal tersebut dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 1 2 yang lebih kecil dari Ftabel sebesar 4 07 dengan tingkat kesalahan 5% maupun sebesar 7 27 pada tingkat kesalahan 1%. Tidak terdapat pengaruh pada pelaksanaan waktu pembelajaran pagi hari dan sore hari terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak. Dari hasil analisis statistik dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 1 07 yang lebih kecil dari Ftabel sebesar 3 32 dengan tingkat kesalahan 5% dan Ftabel sebesar 5 15 pada tingkat kesalahan 1%. Serta tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan penyertaan CD Tutorial LCD Projector dan secara konvensional dengan waktu pembelajaran pagi hari dan sore hari terhadap pencapaian kompetensi gambar dasar menggunakan perangkat lunak. Dari hasil analisis statistik dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 0 41 yang lebih kecil dari Ftabel sebesar 3 32 dengan tingkat kesalahan 5% maupun Ftabel sebesar 5 15 dan pada tingkat kesalahan 1%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ketiga macam media penyerta dalam proses pembelajaran dan waktu pembelajaran yang berbeda untuk kompetensi menggambar dasar menggunakan AutoCAD tersebut tidak berpenga-ruh secara signifikan. Selanjutnya disarankan agar pembelajaran menghasilkan nilai kompetensi yang lebih baik dengan memperhatikan karakteristik siswa (gaya belajar bakat/minat dan kemampuan siswa sebelumnya) kualitas/metode peng-ajaran guru dan juga memperhatikan kendala-kendala dalam proses belajar me-ngajar di sekolah. Untuk penelitian lanjutan disarankan agar dilakukan penelitian sejenis dengan penambahan variabel lain seperti gaya belajar intelegensi sikap bakat dan minat serta cara belajar siswa. Selain hal tersebut disarankan juga memperhatikan kendala-kendala dalam proses belajar mengajar dengan populasi yang lebih besar pada beberapa sekolah yang mempunyai jurusan sama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61836

Actions (login required)

View Item View Item