Hubungan pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa dsan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Sahirul Alim - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa dsan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Sahirul Alim

Alim, Sahirul (2012) Hubungan pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa dsan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang / Sahirul Alim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing I Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd Pembimbing II Prof. Dr. Mardji M.Kes Kata kunci pelaksanaan kurikulum kinerja guru motivasi belajar prestasi belajar. Guru adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pem be la jaran di sekolah. Guru yang selalu konsisten dengan tugas dan tanggung ja wabnya merupakan kunci utama untuk memberikan yang terbaik bagi anak didik dengan harapan agar keberhasilan dari tujuan pendidikan memberikan arah dan makna yang sangat berarti bagi peserta didik sesuai dengan cita-citanya. Untuk itu guru harus dan wajib mempunyai empat kompetensi seperti disebutkan dalam Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 28 ayat 3 yai tu (1) kompetensi pedagogik maksudnya adalah kemampuan menge lo la pem be la jaran peserta didik (2) kompetensi kepri badian maksudnya adalah ke mam-pu an kepribadian yang mantap berakhlak mulia arif dan berwibawa serta men jadi te ladan peserta didik (3) kompetensi profesional yang diperoleh melalui pen di dikan profesi maksudnya adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran se ca ra lu as dan mendalam dan (4) kompetensi sosial maksudnya adalah kemam puan gu ru untuk ber ko munikasi dan berinteraksi secara efektif dan efesien dengan peserta didik se-sa ma guru orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Keempat kompetensi tersebut akan dapat terindikasi dari kinerja guru da lam melaksanakan tugasnya sehari-harinya sebagai agen pembelajaran di sekolah dengan melakukan pengelolaan pembelajaran pengembangan potensi dan pengu a saan akademik sehingga dengan kinerja guru yang baik akan terjadi proses transformasi pendidikan terhadap peserta didik yang sangat berkualitas. Untuk dapat mewujudkan siswa yang memiliki motivasi belajar dan prestasi belajar ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah. Diantaranya adalah meningkatkan pelaksanaan kurikulum dan meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kedua variabel tersebut merupakan hal penting yang akan peneliti kaji lebih mendalam untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut dengan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Pemilihan kedua hal tersebut karena pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan diatas maka yang menjadi tujuan penelitian ini di sesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan maka tujuan yang hen-dak dicapai melalui penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan kurikulum dengan motivasi belajar siswa (2) untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan motivasi belajar siswa (3) untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa (4) untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan kurikulum dengan prestasi belajar siswa (5) untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa (6) untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa serta (7) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada SMK Negeri 6 Malang dengan populasi 56 guru produktif dan jumlah sampel di ambil semua dari jumlah populasi yaitu 56 guru dan siswa SMK Negeri 6 Malang kelas XII semester 1 tahun ajaran 2011-2012 dengan populasi 1.005 siswa dan jumlah sampel 56 siswa. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif korelasi parsial dan regresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan antara pelaksanaan kurikulum dengan motivasi belajar siswa (2) terdapat hubungan antara kinerja guru dengan motivasi belajar siswa (3) terdapat hubungan antara pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan motivasi belajar siswa (4) terdapat hubungan antara pelaksanaan kurikulum dengan prestasi belajar siswa (5) terdapat hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa (6) terdapat hubungan antara pelaksanaan kurikulum dan kinerja guru dengan prestasi belajar siswa dan (7) terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain (1) Kepala Sekolah dan para guru hendaknya terus meningkatkan kualitas dalam melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya baik dalam perencanaan program tahunan semesteran maupun dalam rencana program pembelajaran sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Para siswa sebaiknya semakin menumbuhkan semangat belajar dan meningkatkan prestasi belajar. Hal ini penting dilakukan agar siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan betul-betul kompeten terhadap bidangnya. (3) Dinas pendidikan hendaknya terus melakukan berbagai upaya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di SMK kaitannya dengan prestasi belajar siswa. Agar lulusan SMK mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kompeten yang nantinya siap untuk memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61832

Actions (login required)

View Item View Item