Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK Rumpun Teknologi se Malang Raya / Sujianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK Rumpun Teknologi se Malang Raya / Sujianto

Sujianto (2011) Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK Rumpun Teknologi se Malang Raya / Sujianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd. (II) Drs. Isnandar M.T. Kata kunci pengembangan profesionalitas berkelanjutan investasi pengembangan diri publikasi ilmiah karya inovatif. Keberadaan Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) telah mencatat sejarah baru dalam dunia pendidikan membenahi faktor kualitas guru sebagai faktor penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan guru sebagai profesi merupakan langkah transformatif untuk mengubah jabatan guru sebagai profesi yang dapat meningkatkan mutu guru secara sistemik dan berkelanjutan. Di samping mengatur perlindungan terhadap hak-hak guru Undang-undang Guru juga memberikan peluang dan rangsangan berprestasi bagi guru dalam menjalankan tugasnya. Diharapkan bahwa peningkatan mutu guru berlangsung secara berkelanjutan sebagai faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Oleh sebab itu dirasa perlu terus mendorong para guru untuk meningkatkan kompetensi pasca sertifikasi. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka dirasakan perlu adanya studi mengenai Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan pada guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bersertifikat pendidik. Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan bukti empirik tentang kondisi guru dalam mendukung usaha untuk mencapai pelaksanaan sertifikasi guru yang efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian guru kejuruan yang bersertifikat pendidik se-Malang Raya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner yang berupa angket dan pedoman wawancara. Adapun hasil uji coba tingkat validitas instrumen guru menunjukkan 82 53% valid. Reliabilitas instrumen menunjukkan 0 952 untuk sub variabel investasi pengembangan diri secara mandiri berkelompok dan melembaga 0 951 untuk sub variabel publikasi ilmiah secara mandiri berkelompok dan melembaga 0 970 untuk sub variabel karya inovatif secara mandiri berkelompok dan melembaga. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan kenyataan bahwa pemberlakuan UU Guru dan Dosen (UU Nomor 14 Tahun 2005) diikuti dengan tunjangan profesi sebenarnya memberikan harapan besar untuk menumbuhkan minat guru untuk selalu mengembangkan profesionalitasnya namun kenyataanya tidak demikian. Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK rumpun teknologi se-Malang Raya melalui investasi pengembangan diri (secara mandiri berkelompok dan melembaga) tergolong kategori rendah sebanyak 61 99% kategori sedang sebanyak 26 49% dan kategori tinggi sebanyak 11 62% artinya sebagian besar guru bersertifikat pendidik hanya dalam kategori kadang-kadang melakukan investasi pengembangan diri melalui diklat fungsional guru kegiatan kolektif guru melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK rumpun teknologi se-Malang Raya melalui publikasi ilmiah (secara mandiri berkelompok dan melembaga) tergolong kategori rendah sebanyak 89 06% kategori sedang sebanyak 9 14% dan kategori tinggi sebanyak 1 80% artinya sebagian besar guru bersertifikat pendidik hanya dalam kategori kadang-kadang melakukan aktivitas meneliti dan menulis yang dipublikasikan dalam bentuk buku majalah jurnal modul atau buku pedoman. Pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMK rumpun teknologi se-Malang Raya melalui karya inovatif secara mandiri berkelompok dan melembaga tergolong kategori rendah sebanyak 79 41% kategori sedang sebanyak 14 89% dan kategori tinggi sebanyak 5 69% artinya sebagian besar guru bersertifikat pendidik hanya dalam kategori kadang-kadang melakukan karya inovatif dengan menemukan/membuat teknologi tepat guna menemukan/menciptakan karya seni membuat/memodifikasi alat pelajaran/ peraga/praktikum dan mengikuti pengembangan penyusunan standar pedoman atau soal. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan partisipasi guru bersertifikat pendidik dalam pengembangan profesionalitas berkelanjutan antaralain 1) Guru bersertifikat pendidik perlu secara berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi sebagai wujud dari tunjangan profesi yang diterima dengan memanfaatkan program-program peningkatan profesionalisme guru melalui organisasi/komunitas pendidikan (MGMP) forum ilmiah guru dll. 2) Lembaga atau sekolah perlu membuat program pengembangan profesionalitas berkelanjutan bagi guru melalui perencanaan yang matang dan masuk dalam RAPB sekolah seperti program academy award untuk guru dengan berbagai kategori pendampingan dari universitas terdekat atau asosiasi profesi supervisi kinerja guru dengan memasukkan aspek pengembangan profesionalitas berkelanjutan. 3) Pemerintah melalui dinas pendidikan bersama universitas yang menerbitkan sertifikat pendidik perlu membuat jam wajib bagi guru bersertifikat pendidik untuk melaksanakan pengembangan profesionalitas sebagai pendukung dari program sertifikasi guru seperti diklat berjenjang kuliah dengan Sistem Kredit Semester (SKS) atau melalui pemberkasan portofolio pengembangan profesionalitas. 4) Bagi peneliti perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel faktor pendukung (model atau alasan guru bersertifikat pendidik belum melaksanakan pengembangan profesionalitas berkelanjutan) data yang lebih banyak responden yang berasal dari berbagai wilayah dan deskripsi hasil penelitian berdasarkan otoritas wilayah (Kota dan Kabupaten).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61819

Actions (login required)

View Item View Item