Syamsuddin (2011) Pengaruh motivasi kerja guru produktif dan persepsi tentang kepimpinan kepala SMK terhadap komitmen profesional guru SMK di kota Tarakan / Syamsuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Ke ju ru an Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Waras M.Pd. dan (2) Prof. Dr. Mardji M.Kes. Kata kunci motivasi kerja kepemimpinan kepala sekolah komitmen profesio nal guru produk tif SMK. Komitmen profesional merupakan perwujudan kualitas guru terhadap pro fesinya. Untuk itulah dibutuhkan motivasi kerja yang tinggi dan peran kepala sekolah yang dapat memotivasi mengatur dan menggerakan bawahannya se hing-ga dapat tercapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi tentang motivasi kerja guru produktif persepsi tentang kepemim pin an kepala SMK dan komitmen profesional guru SMK di Kota Tara kan (2) mengetahui hubungan antara moti va-si kerja dengan komitmen profesional guru produktif SMK di Kota Tarakan (3) mengetahui hubungan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SMK dengan komitmen profesional guru produktif SMK di Kota Tarakan (4) menge-ta hui pengaruh motivasi ker ja guru produktif dan persepsi ten tang ke pe mimpinan kepala SMK terhadap komitmen profesional guru produktif SMK di Kota Tara-kan. Penelitian ini menggunakan rancangan korelasional dengan pendekat an kuan titatif. Populasi adalah guru produktif dari empat SMK Negeri dan Swasta di Ko ta Tarakan dengan sampel 62 orang. Data diperoleh dari angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) motivasi kerja per sepsi tentang ke pe -mimpinan kepala sekolah dan komitmen profesional guru produktif semuanya relatif baik (2) terdapat hubung an yang signifikan antara motivasi kerja de ngan komitmen profesional guru produktif (3) terdapat hubung an yang sig ni fikan an-tara persep si tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen profesio nal guru produktif (4) terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan per sepsi ten tang kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen profesional guru pro duk tif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat disampaikan yai-tu (1) pimpinan Sekolah untuk mempertimbangkan po la kepemimpinan de ngan berbagai indikator keberhasilan dan mem berikan moti vasi kepada guru serta menjadikan dirinya seba gai panutan (2) guru untuk dapat memotivasi diri dan re-kan kerjanya melalui penanaman rasa memiliki akan tang gung jawabnya (3) bagi pe neliti lain untuk dapat melakukan kajian dan peneli tian lanjutan pada cakupan variabel yang lebih luas sehingga diha sil kan rekomen dasi strategi pengembangan yang lebih komprehensif khususnya bagi SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61818 |
Actions (login required)
View Item |