Perbedaan pemberian resitasi menggunakan media multi series kit dan interactive virtual aid pada kompetensi menginstalasi PC siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Ali Basyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemberian resitasi menggunakan media multi series kit dan interactive virtual aid pada kompetensi menginstalasi PC siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Ali Basyah

Basyah, Ali (2011) Perbedaan pemberian resitasi menggunakan media multi series kit dan interactive virtual aid pada kompetensi menginstalasi PC siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Ali Basyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Ke juruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Drs.Wahyu Sakti G. I. M.Kom. Kata Kunci prestasi belajar kompetensi menginstalasi PC resitasi. Salah satu komponen pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang berorientasi tugas (task oriented) termasuk pula untuk siswa SMK pada Program Keahlian Komputer dan Jaringan. Untuk mengungkap dan mengetahui perbedaan pemberian resitasi menggunakan media Multi Series Kit dan Interactive Virtual Aid terhadap prestasi belajar kompetensi menginstalasi PC siswa maka perlu dilakukan peneliti an. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap (1) Prestasi belajar kompetensi menginsta lasi PC pada siswa yang diberi resi tasi menggunakan media interactive virtual aid (i-VA) (2) Prestasi belajar kompetensi menginstalasi PC pada sis wa yang diberi resi tasi menggunakan media Multi Series Kit (MSK) dan (3) Perbedaan prestasi belajar kompetensi menginstalasi PC yang signifi kan antara sis wa yang diberi resi tasi menggunakan media i-VA dan MSK Penelitian ini menggunakan ran cang an penelitian quasi-experimental. Penelitian dilaku kan di SMK Negeri 1 Kota Mojo kerto. Sebagai subjek penelitian dipilih dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Penentu an kedua kelompok tersebut mengguna kan teknik random assign ment sampling. Pene li tian ini menggunakan instrumen prates dan postes untuk pengumpulan data. Dari hasil penelitian mengungkap fakta bahwa (1) Prestasi belajar kom pe tensi meng in sta lasi PC siswa yang diberi resi tasi menggunakan media i-VA ter golong baik (2) Prestasi belajar menginsta lasi PC siswa yang diberi resi tasi meng gunakan media MSK tergolong cukup dan (3) Ada perbedaan prestasi belajar kom petensi menginstalasi PC yang signifi kan antara sis wa yang diberi resi tasi menggunakan media i-VA dan yang diberi resi tasi mengguna kan media MSK. Berdasarkan hasil penelitian menyarankan (1) Guru kompetensi meng instala si PC menerapkan stra tegi pembel ajaran dengan pemberian resi tasi meng gunakan media i-VA agar prestasi bela jar siswa menjadi meningkat (2) Pihak sekolah menyediakan media pembela jaran yang bersifat multimedia misalkan video pembelajaran multime dia presen tasi program atau software simulasi dan program multimedia interak tif (3) Pe me rintah daerah da lam mengambil kebijakan lebih diarahkan pada pemberian ban tuan untuk pe menuhan kebutuhan media pembelajaran dan (4) Peneliti lain mela kukan penelitian lanjutan tentang pengaruh strategi pembelajaran dengan memper ha tikan juga variabel tipe/gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61816

Actions (login required)

View Item View Item