Kualitas prasarana, sarana dan pengelolaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali / Made Diah Angendari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas prasarana, sarana dan pengelolaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali / Made Diah Angendari

Angendari, Made Diah (2011) Kualitas prasarana, sarana dan pengelolaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali / Made Diah Angendari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Haris A. Syafrudie M.Pd. Pembimbing II Dr. H. Subandi M.Si. Kata kunci Sarana Prasarana Pengelolaan Ruang Praktik Busana Sekolah Menengah Kejuruan selayaknya mempunyai ruang praktik busana yang memiliki kualitas prasarana sarana dan pengelolaan yang memenuhi standar nasional sesuai dengan Permendiknas No 40 tahun 2008. Selama ini belum ada penelitian yang telah mengungkap kualitas prasarana sarana dan pengelolaan ruang praktik busana khususnya di Propinsi Bali. Padahal data tersebut sangat penting untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas ruang praktik sehingga mampu menopang jenis-jenis pembelajaran yang memerlukan prasarana sarana prosedur pengelolaan ruang praktik busana. Apalagi dalam Program keahlian Busana lebih banyak mata pelajaran praktik di mana 65-58% terdiri dari mata pelajaran produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kualitas prasarana ruang praktik busana SMK di Propinsi Bali (2) kualitas sarana ruang praktik busana SMK di Propinsi Bali (3) kualitas pengelolaan ruang praktik busana SMK di Propinsi Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan obyek semua SMK yang memiliki program Keahlian Tata Busana di Propinsi Bali yang berjumlah 6 SMK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa (1) lembar observasi dengan 60 butir pertanyaan dan setelah diuji coba hanya 57 butir pertanyaan yang valid dengan realibilitas 0 94 dan (2) kamera untuk mendokumentasikan prasarana sarana dan bukti pengelolaan. Butir pertanyaan tersebut diadopsi dari Permendiknas no 40 tahun 2008 tentang standar prasarana sarana dan pengelolaan ruang praktik SMK dan berisi tentang kualitas prasarana (18) kualitas sarana (20) dan kualitas pengelolaan (19). Data penelitian yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar kualitas yang ditetapkan oleh Permendiknas no 40 tahun 2008 dan dianalisis statistik deskriptif untuk menentukan kategori kualitas yaitu sangat kurang baik kurang baik cukup baik baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas prasarana ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali adalah sangat baik yang ditunjukkan oleh skor guru tentang kualitas prasarana ruang praktik busana dengan mean 15 33 dari skor ideal 18 00 dan standar deviasi 1 63 sementara skor siswa dengan mean 15 14 dari skor ideal 18 00 dan standar deviasi 2 38 (2) kualitas sarana ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali adalah baik yang ditunjukkan oleh skor guru dengan mean 13 30 dari skor ideal 20 00 dan standar deviasi 3 89 sementara skor siswa dengan mean 14 37 dari skor ideal 20 00 dan standar deviasi 2 97 (3) kualitas pengelolaan ruang praktik busana Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Bali adalah sangat baik. yang ditunjukkan oleh skor guru dengan mean 16 57 dari skor ideal 19 00 dan standar deviasi 2 78 sementara skor siswa dengan mean 16 00 dari skor ideal 19 00 dan standar deviasi 2 97.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61811

Actions (login required)

View Item View Item