Pengembangan modul pembelajaran instalasi PC pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Kota Malang / Erlitawanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran instalasi PC pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Kota Malang / Erlitawanty

Erlitawanty (2011) Pengembangan modul pembelajaran instalasi PC pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Kota Malang / Erlitawanty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd (II) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata kunci modul pembelajaran Instalasi PC Sekolah Menengah Kejuruan Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mewujudkan rancangan pembelajaran berupa pengembangan modul Instalasi PC. Rancangan pembelajaran berupa modul ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam rancangan pembelajaran ini adalah Model Dick and Carey (2001). Model ini terdiri dari sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik peserta diklat (4) merumuskan tujuan kegiatan pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan penilaian formatif dan (9) merevisi materi pembelajaran. Produk pengembangan modul instalasi PC selanjutnya mengalami beberapa tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah (1) review oleh ahli isi matadiklat (2) review ahli desain dan media pembelajaran (3) uji perorangan (4) uji coba kelompok kecil dan (5) uji coba lapangan. Modul pembelajaran yang dihasilkan dalam pengembangan memiliki komponen-komponen (1) judul atau topik (2) petunjuk penggunaan modul (3) pengantar atau prakata (4) prasyarat (5) standar kompetensi/kompetensi dasar (6) tujuan kegiatan pembelajaran (7) pretes (cek kemampuan) (8) kegiatan pembelajaran (materi) (9) rangkuman (10) soal latihan/tugas (11) tes formatif (12) lembar pekerjaan (13) evaluasi (14) kunci jawaban dan (15) daftar rujukan. Hasil penilaian angket uji coba lapangan yakni Rerata persentase angket penilaian peserta diklat terhadap modul pengembangan instalasi pc adalah 80 03 % setelah dikonversikan dengan tabel tingkat validitas menunjukkan kriteria baik. Pada uji coba lapangan dilakukan juga uji t. Uji ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata antara dua kelompok sampel yang berpasangan. Kelompok sampel pertama mengalami perlakuan yang berbeda yaitu (kelas control ) mendapat pembelajaran menggunakan modul instalasi PC dengan kode HDW.DEV.100.2 (a) sedangkan kelompok sampel kedua (kelas eksperimen) menggunakan modul pengembangan Instalasi PC. Dari data tabel untuk kelas kontrol berdasarkan hasil uji Statistik yang dilakukan dengan SPSS 17 didapat pada tabel output untuk t hitung sebesar -1 850 dengan derajat keabsahan (df) n-1 34. Dengan pengujian dua sisi (signifikansi 0 025) dapat diperoleh dari t tabel sebesar 2 032. Dari perbandingan antara t hitung dan t tabel didapatkan bahwa Ho diterima jika t hitung t tabel -1 850 -2 032. Jadi tidak terdapat perbedaan signifikan nilai perolehan pre-tes dan post-tes. Sedangkan untuk data tabel untuk kelas eksperimen nilai rata-rata sebelum diadakan pembelajaran dengan menggunakan modul pengembangan instalasi PC adalah 71 66 (batas tuntas 70) jadi nilai rata-rata sudah mencapai batas tuntas. Nilai ulangan sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modul pengembangan instalasi PC mempunyai rata-rata 80 46 kenaikan perolehan skor sebesar 8 8. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dengan SPSS 17 didapat pada tabel output untuk t hitung sebesar -7 529 dengan derajat keabsahan (df) n-1 34. Dengan pengujian dua sisi (signifikansi 0 025) dapat diperoleh dari t tabel sebesar 2 032. Dari perbandingan antara t hitung dan t tabel didapatkan bahwa Ho ditolak jika t hitung t tabel -7 529 -2 032. Dengan demikian modul pengembangan Instalasi PC dihasilkan telah memberikan konstribusi yang signifikan terhadap peningkatan perolehan hasil belajar peserta diklat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61810

Actions (login required)

View Item View Item