Hoediono, Didik (2011) Integrasi aplikasi magnetic contactor (MC) dan programmable logic controller (PLC) untuk mengoperasikan mesin produksi di Industri pada organisasi pengalaman belajar SMK program keahlian teknik pemanfaatan tenaga listrik (TPTL) / Didik Hoediono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universi tas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Haris A Syafrudie (2) Hakkun Elmunsyah ST MT. Kata kunci organisasi pengalaman belajar magnetic contactor programmable logic controller . Salah satu indikator pembelajaran di SMK dikatakan sukses adalah apa bila tamatan tersebut dapat diserap dan bekerja dengan baik di dunia usaha/ industri maka substansinya adalah penyusunan pengalaman belajar yang terintergasi dengan kondisi industri. Permasalahan dalam proses pembelajaran kompetensi mengoperasikan mesin produksi dengan kendali elektro mekanik yang berbasis magnetic contactor dan kom petensi mengoperasikan mesin produksi dengan programmable logic control ler (PLC) pada peserta didik Program Keahlian Pemanfaatan Tena ga Listrik adalah terdapatnya perbedaan pengalaman belajar tentang penguasaan kompetensi magnetic contactor dan PLC dengan aplika si keduanya sebagai komponen pengendali mesin produksi dalam industri. Oleh karenanya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mendes krip sikan integrasi aplikasi magnet kontaktor dan PLC dalam industri pada organisasi pengalam an belajar untuk proses pembelajaran kendali elektro mekanik yang berba sis magnetic contactor dan PLC di SMK Program Keahlian Pemanfaatan Tena ga Lis trik Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif. Setelah dilakukan penelitian terungkap bahwa fakta yang tercermin dari data penelitian tentang MC dan PLC sebagai kendali mesin produksi di Industri dan pengalaman belajar tentang kompetensi MC dan PLC di SMK menggambarkan bahwa yang teraplikasi pada industri ada yang sudah men ja di pengalaman belajar tetapi ada juga yang belum. Gambaran diatas selaras dengan kongklusi penelitian bahwa SMK negeri telah mengorganisasikan sebagian besar pengalaman belajar kompetensi MC tetapi dalam mengorganisasikan pengalaman belajar kompetensi PLC disamping ada yang mengorganisasikan sebagian besar ada juga yang masuk katagori sebagian kecil. SMK swasta hanya mengorganisasikan sebagian kecil baik pengalaman belajar kompetensi MC maupun pengalaman belajar kompetensi PLC. Industri telah menggunakan seluruh identifikasi aplikasi MC serta meng gunakan seluruh identifikasi aplikasi PLC sebagai ken dali mesin produksi nya Hal itu menggambarkan bahwa belum terjadi kesinabungan (Continuity) antara pengala man belajar dalam proses pembelajaran terhadap hubung an ver tikalnya atau belum ada kontinyuitas dengan tujuan selanjutnya dengan demikian me mung kinkan siswa belum memperoleh kesatuan pandangan antara pro gram pembelajar an nya dengan tujuan pembelajarannya Kondisi tersebut diperbaiki dengan menintegrasikan aplikasi kompetensi MC pada industri pada penga laman belajar di SMK negeri seperti aplikasi thermal switch flow switch pressure switch proximity sen sor light sensor alarm relay so le noid val ve dan led display. Sedangkan pada SMK swasta seperti aplikasi se lector switch ther mal switch flow switch pressure switch proximity sen-sor light sensor alarm re lay so le noid valve dan led display. Disamping itu juga mengitegrasikan aplikasi kompetensi PLC pada industri pada penga laman belajar di SMK negeri seperti aplikasi selector switch thermal switch flow switch pressure switch proximity sensor veloci ty sensor ultra so nic sensor alarm solenoid valve led display heating for mat function chart fungsi set and reset product PLC dari Allen Bradley Mo di con GE Fanuc Cutler Ham mer dan IDEC. Sedangkan pada SMK swasta seperti aplikasi selector switch thermal switch flow switch pressure switch proximity sensor light sensor ve lo city sensor ultra so nic sensor alarm sole no id valve led display heating format kode mneumonik format function chart tool konsul pemrogram an fungsi set and reset fungsi sequen cial fung si counter fungsi logika aritmati ka product PLC dari Allen Brad ley Modi con GE Fanuc Cutler Hammer IDEC dan LG. Berdasarkan hasil penelitian disarankan antara lain (1) Peningkatan kesadaran guru-guru terhadap peningkatan siswa dalam penguasaan Kompetensi magnetic contactor (MC) dan pro grammable logic controll (PLC) yang sesuai dengan ha sil identifikasi aplikasi keduanya sebagai komponen pengendali mesin produksi pada industri melalui pengorganisasian pengalaman belajar kompetensi MC dan PLC di rencana pembelajarannya (2) Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seluruh kompetensi magnetic con tac tor (MC) dan sebagian besar pro-grammable logic controll (PLC) telah di apli kasikan pada industri hendaknya disadari sekolah serta dapat dijadikan seba gai acuan untuk mengembangkan kompetensi dasar dalam membangun profil lu lusan siswa SMK Program Keah lian Teknik Pemanfaatan Tena ga Listrik yang lebih selaras dan sesuai de ngan kebutuhan dunia usaha/in dustri. (3) Pihak penentu kebijakan pendidikan di daerah Depdiknas disarankan untuk lebih memahami menyadari dan akhirnya mengoptimalkan peningkatan bantuan sarana dan prasara na sekolah khususnya yang berhubungan dengan pencapaian kompetensi magnetic con tac tor MC dan pro grammable logic con trolerl PLC.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61809 |
Actions (login required)
View Item |