Hubungan sikap sosial siswa, motivasi belajar, pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon / Hamid - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan sikap sosial siswa, motivasi belajar, pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon / Hamid

Hamid (2011) Hubungan sikap sosial siswa, motivasi belajar, pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon / Hamid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Stu di Pendidikan Kejuru an Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. A. Sonhadji. K.H M.A. Ph.D. dan (2) Dr. Dwi Agus Sudjimat M.Pd. Kata kunci sikap sosial motivasi belajar kemampuan mengajar perhatian orang tua prestasi program produktif SMK. Sebagai salah satu lembaga pendidikan jenjang menengah SMK memiliki tugas meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dengan menciptakan lulus an yang profesional dalam bidangnya. Untuk itulah diperlukan prestasi yang handal khususnya prestasi pada program produktif. Peningkatan prestasi tersebut tidak ter-lepas dari keaktifan siswa kreatifitas guru dan perhatian orang tua. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi tentang sikap so si al siswa motivasi belajar pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua siswa kelas X SMK di Kota Ambon (2) mengetahui signifikan hubungan antara si kap sosial siswa dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Am bon (3) mengetahui signifikan hubungan antara motivasi bel a jar dengan pres tasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Am bon (4) me-ngetahui signi fi kan hubungan antara pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon (5) me ng etahui signifikan hu bungan antara perhatian orang tua dengan prestasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon (6) mengetahui hubungan sikap so sial siswa motivasi bel ajar pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang terha dap pres tasi program produktif siswa kelas X SMK di Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif bersifat kuantitatif de-ngan jenis studi korelasional. Populasi adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2009/ 2010 dari 10 SMK Negeri dan Swasta di kota Ambon dengan sampel 107 siswa. Data diperoleh dari angket tertutup dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) untuk deskripsi sikap sosial motivasi bel-ajar pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua semuanya relatif baik (2) terdapat hubungan yang sig ni fikan si kap sosial siswa de-ngan prestasi program produktif (3) terdapat hubung an yang signifikan antara mo ti-vasi belajar dengan prestasi prog ram produktif (4) terdapat hubungan yang signi fi-kan antara pendapat siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan prestasi pro-gram produktif (5) terdapat hubungan yang signi fi kan antara perhatian orang tua de ngan prestasi program produktif (6) si kap sosial siswa mo ti vasi belajar pen da pat siswa tentang kemampuan mengajar guru dan perhatian orang tua secara sti mu lan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi pro gram pro duktif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat disampaikan yaitu (1) bagi pihak sekolah hendaknya perlu meningkatkan prestasi belajar melalui pro-gram-program pembelajaran yang dikemas melalui mo del-model yang mengait kan sikap sosial siswa motivasi belajar keterampilan meng ajar dan per hatian orang tua (2) ba gi guru agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan mate ri pe-mahaman karakteristik peserta didik dan memberikan motivasi belajar kepada sis wa melalui penerapan dalam proses pembelajaran yang menarik (3) bagi orang tua hendaknya memperhatikan waktu belajar anak di rumah dan menyediakan kebutuh-an-kebutuhan belajar anaknya (4) bagi siswa agar memiliki motivasi yang tinggi un-tuk belajar (5) bagi pe neliti lain untuk dapat melakukan kajian dan penelitian lanjutan pada cakupan variabel yang lebih luas sehingga diha sil kan rekomendasi strategi pengembangan yang lebih komprehensif khususnya bagi SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61808

Actions (login required)

View Item View Item