Purwoko, Bambang (2011) Pengaruh variasi sumber belajar terhadap penguasaan atas hasil belajar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika program elektronika di SMK Kabupaten Malang / Bambang Purwoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T Kata kunci pengaruh variasi sumber belajar elektronika. Peningkatan mutu proses pembelajaran adalah penting untuk meningkat-kan hasil belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran adalah melalui upaya penggunaan variasi sumber belajar di bidang pembelajaran. Tingkat efektifitas penggunaan variasi sumber belajar sangat tergantung pada derajat kesesuaian dengan bahan ajar atau materi diklatnya. Penggunaan variasi sumber belajar yang menarik dan nyata sangat diharapkan dalam proses pembela-jaran khususnya pada kompetensi menerapkan dasar dasar elektronika karena materi-materi elektronika sifat kinerjanya abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya penggunaan variasi sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika program elektronika di SMK Kabupaten Malang (2) mengetahui jenis sumber belajar yang mempunyai pengaruh peningkatan paling besar terhadap penguasaan hasil belajar (3) untuk menguji adanya perbedaan masing-masing sumber belajar terhadap penguasaan atas hasil belajar (4) untuk menguji adanya perbedaan dampak penggunaan variasi sumber belajar terhadap penguasaan atas hasil belajar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika program elektronika di SMK Negeri dan SMK Swasta Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel ditentukan kelas X pogram studi keahlian elektronika SMK Negeri 2 Singosari SMK PGRI 1 Singosari dan SMK Widyakartika Karangploso jumlah sampel 120 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes teori dan praktek. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan rerata perolehan hasil belajar siswa dengan sumber belajar konvensional adalah 7 34 hasil belajar sis-wa dengan sumber belajar observasi adalah 7 94 hasil belajar siswa dengan sumber belajar CD adalah 7 79 dan hasil belajar siswa dengan sumber belajar gabungan antara observasi di toko elektronik dan CD pembelajaran adalah 8 14. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan analisis Anova dapat disimpul-kan (1) variasi sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan dasar dasar elektronika program keahlian elektronika di SMK Kabupaten Malang (2) sumber belajar gabungan antara observasi di toko elektronik dan menggunakan CD pembelajaran menunjukkan hasil belajar yang terbaik (3) tidak ada perbedaan antar sumber belajar terhadap penguasaan atas hasil belajar. (4) tidak ada perbedaan dampak penggunaan sumber belajar di SMK negeri dibanding dengan SMK Swasta. Saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) perlu dilakukan pengemba-ngan variasi sumber belajar karena terbukti berpengaruh terhadap mutu pembela-jaran (2) sumber belajar gabungan (observasi dan CD) sangat baik digunakan dalam pembelajaran materi di program elektronika.(3) antara sumber belajar observasi di toko elektronik sumber belajar CD dan sumber belajar gabungan (observasi dan CD) dapat digunakan sesuai situasi dan kondisi sekolah (4) dalam pembelajaran elektronika di SMK Negeri dan SMK Swasta dapat menggunakan sumber belajar karena terbukti sumber belajar sama-sama dapat meningkatkan penguasaan atas hasil belajar (baik di SMK negeri atau di SMK swasta).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61807 |
Actions (login required)
View Item |