Hubungan motivasi dan minat kerja dengan kesiapan kerja siswa Program Keahlian Otomotif di SMK Kota Malang / Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi dan minat kerja dengan kesiapan kerja siswa Program Keahlian Otomotif di SMK Kota Malang / Hariyanto

Hariyanto (2011) Hubungan motivasi dan minat kerja dengan kesiapan kerja siswa Program Keahlian Otomotif di SMK Kota Malang / Hariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Kejuruan PPs Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Andoko M.T. Kata kunci Motivasi Minat Kesiapan Kerja SMK Produk dari SMK berupa lulusan tidak semuanya dapat disalurkan ke dunia kerja. Salah satu faktor penyebab lulusan SMK masih menganggur adalah tingkat kesiapan kerjanya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada Agustus 2008 mencapai 8 39 persen atau 9 39 juta orang dari total angkatan kerja. oleh sebab itu penulis ingin mengungkap bagaimana kesiapan kerja siswa SMK program keahlian otomotif di Kota Malang hubungan motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja dengan tingkat kesiapan kerja serta kontribusi motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja terhadap kesiapan kerjanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Motivasi memasuki dunia kerja minat kerja dan tingkat kesiapan kerja siswa SMK program keahlian otomotif di kota Malang (2). Hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja dengan tingkat kesiapan kerja siswa SMK program keahlian otomotif di kota Malang (3). Kontribusi secara simultan antara motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja dengan tingkat kesiapan kerja siswa SMK program keahlian otomotif di kota Malang dan (4). Kontribusi secara parsial antara motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja dengan tingkat kesiapan kerja siswa SMK program keahlian otomotif di kota Malang. Objek penelitian adalah Siswa pada SMK Program keahlian otomotif di Kota Malang baik negeri maupun swasta tahun pelajaran 2009/2010. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif korelasi Pearson Product Moment dan regresi linear ganda. Hasil penelitian mengungkap bahwa (1) analisis diskriptif menunjukan motivasi kerja mempunyai rata-rata (mean) 3 82 dengan kategori tinggi. Minat kerja mempunyai rata-rata (mean) 3 85 dengan kategori tinggi sedangkan Kesiapan kerja mempunyai rata-rata (mean) 3 81 dengan kategori tinggi (2) analisis korelasi menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil sebagai berikut motivasi kerja dengan kesiapan kerja memiliki nilai korelasi sebesar (r 0 646) antara Minat kerja dengan kesiapan kerja memiliki nilai korelasi sebesar (r 0 468). (3) motivasi memasuki dunia kerja dan minat kerja secara simultan mempunyai kontribusi terhadap kesiapan kerja sebesar 46 3% sedang sisanya sebesar 53 7% dipengaruhi oleh variable lain diluar model dan (4) Motivasi memasuki dunia kerja dan Minat kerja secara parsial mempunyai kontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja t hitung untuk motivasi memasuki dunia kerja sebesar 10 931 sedang t hitung untuk minat kerja sebesar 4 700. Artinya kesiapan kerja siswa untuk memasuki dunia pekerjaan dipengaruhi oleh faktor motivasi serta minat siswa tersebut terhadap pekerjaan yang akan digeluti nantinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61802

Actions (login required)

View Item View Item