Mardinugroho, Saptatuhu (2011) Pengaruh latihan membaca gambar, pemahaman teori dan bakat mekanik terhadap kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan di SMK Canda Bhirawa Kediri / Saptatuhu Mardinugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Membaca gambar bakat mekanik kompetensi pemasangan Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang seringkali mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan pemasangan instalasi listrik penerangan akibat kurangnya kemampuan membaca gambar instalasi listrik. Untuk itu penulis mengangkat tema dalam penelitian ini berupa Pengaruh Latihan Membaca Gambar Pemahaman Teori dan Bakat Mekanik terhadap Kompetensi Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan latihan membaca gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan penekanan pamahaman teori instalasi listrik terhadap kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan (2) perbedaan kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan pada kelompok siswa dengan bakat mekanik rendah bakat mekanik sedang dan bakat mekanik tinggi (3) interaksi antara setrategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan. Adapun yang menjadi sampel dalam hal ini adalah siswa SMK CANDA BHIRAWA Kediri kelas X Teknik Pemanfaatan Energi Listrik 3 dan kelas X Teknik Pemanfaatan Energi Listrik 4 tahun ajaran 2008/2009. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Data yang dimaksud adalah nilai kompetensi siswa tentang pemasangan instalasi listrik penerangan dan hasil tes bakat mekanik. Setelah data terkumpul selanjutnya data dianalisa menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan latihan membaca gambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pemahaman teori instalasi listrik penerangan (2) terdapat perbedaan terhadap hasil belajar pada siswa kelompok bakat mekanik rendah bakat mekanik sedang dan bakat mekanik tinggi (3) ada interaksi antara setrategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap nilai hasil kompetensi pemasangan instalasi listrik penerangan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti dapat memberi saran antara lain (1) guru praktek instalasi listrik penerangan perlu lebih menguasai strategi pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisa optimal (2) sekolah hendaknya mengadakan tes bakat mekanik bagi siswa baru karena tes bakat mekanik berkaitan dengan kemampuan praktek siswa dan mampu memberikan kontribusi yang tinggi terhadap kompetensi siswa (3) jika sekolah belum mampu menyelenggarakan tes bakat mekanik maka sebaiknya mengadakan kerjasama dengan lembaga psikologi dalam pelaksanaan tes bakat mekanik kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |