Amrozi (2011) Kesusaian saran prasarana, kompetensi guru, manajemen, dan proses praktikum prodi keahlian teknik otomotif di tinjau dari standar pada peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 di SMK sekota Bontang / Amrozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kesesuaian standar pendidikan SMK sarana-prasarana kompetensi guru manajemen dan proses praktikum. Ketercapaian tujuan pendidikan dan proses pembelajaran ditunjukkan melalui terwujudnya transparasi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhasan programnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bontang dituntut untuk meningkatkan keterampilan yang diberikan kepada para siswanya. Berbagai upaya dilakukan salah satunya pada Prodi Keahlian Teknik Otomotif mulai dari sarana prasarana kompetensi guru manajemen dan proses praktikum terus dikembangkan dan ditingkatkan. Apakah peningkatan yang dilakukan sesuai dengan standar Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Hal inilah yang menjadikan penelitian ini dilakukan sehingga tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan memerikan kesesuaian sarana prasarana praktikum kompetensi guru manajemen dan proses praktikum Prodi Keahlian Teknik Otomotif ditinjau dari standar Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 di SMK sekota Bontang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian guru dan laboran Prodi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Kota Bontang yang berjumlah 18 guru dan laboran untuk SMK Negeri dan 18 guru dan laboran untuk SMK Swasta di Kota Bontang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang didukung dengan pedoman wawancara dan dokumentasi yang berupa foto penelitian dimana untuk instrumen lembar observasi diuji coba dengan hasil 100% dinyatakan valid dan reliabilitas menunjukkan 0 965 untuk variabel sarana prasarana 0 972 untuk variabel kompetensi guru 0 972 untuk variabel manajemen dan 0 970 untuk variabel proses praktikum. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesesuaian sarana prasarana praktik Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK sekota Bontang telah sesuai yang ditunjukkan oleh rerata 159 66 dan deviasi standar 47 91 di SMK Negeri sebagian besar (77 50%) sesuai sedangkan untuk SMK Swasta sebagian besar (67 69%) sesuai dengan rerata 142 83 dan deviasi standar 35 (2) kesesuaian kompetensi guru Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK sekota Bontang sangat sesuai yang ditunjukkan oleh mean sebesar 224 22 dan standar deviasi 35 91 di SMK Negeri pada umumnya (82 73%) sangat sesuai sedangkan untuk SMK Swasta pada umumnya (72 22%) sangat sesuai dengan mean sebesar 189 22 dan standar deviasi 37 14 (3) kesesuaian manajemen Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK sekota Bontang sangat sesuai yang ditunjukkan oleh rerata 180 38 dan deviasi standar 52 41di SMK Negeri sebagian besar (78 77%) sesuai dan sebagian besar (69 23%) SMK Swasta sesuai dengan rerata 162 dan deviasi standar 31 68. (4) kesesuaian proses praktikum Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK sekota Bontang sangat sesuai yang ditunjukkan dengan guru dan instruktur pada umumnya (80 89%) proses praktikum sangat sesuai dengan mean 144 dan deviasi standar 26 99 sedangkan SMK Swasta pada umumnya (82 91%) sangat sesuai dengan mean 143 44 dan deviasi standar 15 52. Dapat disarankan kepada Dinas Pendidikan Kota Bontang untuk senantiasa menciptakan iklim yang kondusif dan melaksanakan monitoring untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan kejuruan khususnya pada SMK yang belum sesuai dengan standar kepada Kepala Sekolah Menengah Kejuruan senantiasa melaksanakan evaluasi dan supervisi agar tercipta kinerja yang sinergis dan produktif kepada guru praktikum prodi otomotif agar senantiasa menjunjung tinggi kode etik guru dan meningkatkan kompetensinya dan kepada peneliti lain agar senatiasa menambah wawasan dan pengetahuan dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61800 |
Actions (login required)
View Item |