Keefektifan pelaksanaan program unit produksi sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Blitar / Sri Agrariani Judowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pelaksanaan program unit produksi sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Blitar / Sri Agrariani Judowati

Judowati, Sri Agrariani (2010) Keefektifan pelaksanaan program unit produksi sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Blitar / Sri Agrariani Judowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Unit Produksi Sekolah (UPS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) UPS merupakan suatu aktivitas yang berkesinambungan dalam mengelola sumber daya sekolah untuk menghasilkan barang atau jasa yang akan dijual untuk mendapatkan keuntungan dan juga sebagai wahana belajar bagi siswa SMK. Melalui UPS yang dilakukan secara efektif akan memberikan peningkatan mutu SMK yaitu (1) aspek pembelajaran (2) aspek ekonomi (3) aspek pelaksanaan/ pengelolaan (4) aspek organisatoris dan (5) aspek permodalan. Bagaimanakah keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek pembelajaran aspek ekonomi aspek pelaksanaan/pengelolaan aspek organisatoris dan aspek permodalan serta bagaimanakah usaha UPS dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pelaksanaan program unit produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Populasi sebanyak 41 guru SMK dan sampel diambil dari total populasi yaitu 41 orang. Kriteria dari keefektifan adalah 0 00 1 99 sangat tidak efektif 2 00 2 74 tidak efektif 2 75 3 49 cukup efektif 3 50 4 24 efektif 4 25 5 00 sangat efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek pembelajaran termasuk kategori efektif (3 72) (2) keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek ekonomi termasuk kategori cukup efektif (3 38) (3) keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek pelaksanaan/pengelolaan termasuk kategori cukup efektif (3 40) (4) keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek organisatoris termasuk kategori cukup efektif (3 38) (5) keefektifan pelaksanaan program UPS ditinjau dari aspek permodalan termasuk kategori cukup efektif (3 13). Beberapa saran diberikan kepada sekolah agar mengusahakan pendanaan kegiatan UPS secara memadai dan menempatkan personil guru sebagai pengelola yang betul-betul memiliki dedikasi tinggi dalam mengelola UPS. Bagi pengelola UPS perlu ada usaha maksimal dari para pengelola UPS dan menjalin kerja sama dengan pihak luar (dunia industri).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61799

Actions (login required)

View Item View Item