Pengembangan project work sebagai sistem evaluasi produktif SMK Program Keahlian Elektronika di Kota Blitar / Eko Bakti Syamsuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan project work sebagai sistem evaluasi produktif SMK Program Keahlian Elektronika di Kota Blitar / Eko Bakti Syamsuningtyas

Syamsuningtyas, Eko Bakti (2010) Pengembangan project work sebagai sistem evaluasi produktif SMK Program Keahlian Elektronika di Kota Blitar / Eko Bakti Syamsuningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Waras Kamdi MPd. (II) Drs. Setiadi Cahyono P. MT. MPd. Kata kunci Penilaian autentik pengembangan sistem evaluasi project work. Penilaian autentik adalah penilaian yang mengukur kemampuan peserta didik dalam kemampuan kognitif afektif dan psikomotorik. Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian diri sendiri dalam kehidupan nyata bahwa para siswa bertanggung jawab untuk mengevaluasi diri mereka. Bahan evaluasi dapat dikumpulkan sebagai produk yang sebenarnya sebagai contoh tes prestasi standar yang didasarkan pada beberapa kriteria. Penilaian unjuk kerja juga memiliki norma-norma namun pendekatan filsafatnya jauh berbeda dengan tes standar pada umumnya. Konsep dasarnya adalah para siswa harus menghasilkan bukti pemenuhan tujuan kurikulum yang dapat digunakan sebagai kumpulan bukti prestasi. Penskoran dengan rubrik adalah salah satu metode yang digunakan untuk evaluasi penilaian unjuk kerja. Pengembangan sistem evaluasi menggunakan metode Borg dan Gall yang dibagi menjadi empat tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan perencanaan oji coba dan uji validasi. Di industri penerapan sistem evaluasi dengan mengutamakan hasil kerja dengan produk mutu setara tidak hanya memerlukan penyesuaian dengan kondisi sebenarnya tetapi juga praktik bengkel di sekolah. Kreativitas peserta dengan dasar ide kompetensi yang telah ditempuh selama studi menjadi target yang bisa diimplementasikan di lingkungan kerja. Secara nyata. Penerapan hasil studi dalam ranah kognitif berfungsi penting sebagai aktifitas motorik para peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap kerja. Project work menerapkan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang menghasilkan suatu hasil proyek yang dapat diamati secara langsung dan nyat. Peserta didik membuat laporan hasil kerja secara tertulis kemudian menyampaikannya secara lisan dalam bentuk presentasi. Metode tersebut tidak hanya meningkatkan kreativitas peserta didik tetapi juga kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi.Metode analisis inter-rater digunakan untuk menguji kehandalan sistem evaluasi project work. Dari hasil analisis inter-rater diperoleh 0 7982. Hal ini menunjukkan bahwa project work cukup handal untuk evaluasi. Hasil pengamatan dan pembahasan dari pengembangan sistem evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa project work lebih tepat digunakan sebagai sistem evaluasi produktif untuk program keahlian elektronika dan mampu meningkatkan hasil kerja siswa. Sarana dan prasarana yang memadai serta peningkatan kerjasama dengan dunia industri dibutuhkan agar evaluasi produktif dengan metode project work ini lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61797

Actions (login required)

View Item View Item