Hubungan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan etos kerja guru bersertifikat pendidik di SMK Kabupaten Indramayu / Cayono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan etos kerja guru bersertifikat pendidik di SMK Kabupaten Indramayu / Cayono

Cayono (2010) Hubungan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan etos kerja guru bersertifikat pendidik di SMK Kabupaten Indramayu / Cayono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd (II) Drs. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata Kunci persepsi kompetensi guru perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran etos kerja. Guru memegang peran yang amat besar dalam proses pembelajaran di kelas karena itu guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Mutu pendidikan akan dapat terwujud apabila proses pembelajaran dilakukan oleh guru yang memahami kompetensi guru yang terdiri atas kompetensi pedagogik kompetensi sosial kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi. Guru bersertifikat pendidik diharapkan memberi makna positif dalam mempersepsikan tentang kompetensi guru. Upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan memberlakukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mewajibkan guru untuk memiliki kualifikasi akademik menguasai kompetensi dan memiliki sertifikat pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara persepsi kompetensi guru dengan (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) etos kerja guru bersertifikat pendidik. Hasil analisis deskripsi tentang persepsi kompetensi guru menunjukkan kecenderungan yang positif. Perencanaan pembelajaran menunjukkan pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pada kategori baik. Etos kerja menunjukkan pada kategori tinggi. Sedangkan Hasil analisis korelasi membuktikan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan etos kerja yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi secara berurutan X dengan Y sebesar 0 720 atau 72% X dan Y2 sebesar 0 617 atau 61 7% dan X dan Y3 sebesar 0 733 atau 73 3% pada level 0 05. Hal ini berarti semakin positif persepsi tentang kompetensi guru maka diikuti dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang baik dan etos kerja yang tinggi. Saran yang disampaikan adalah perlunya selektifitas rekrutmen yang ketat melalui Dinas Pendidikan Daerah dan penilaian oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) hendaknya lebih memperhatikan motivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disamping memperhatikan aspek-aspek lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61796

Actions (login required)

View Item View Item