Priyono (2010) Pengaruh struktur penugasan dan balikan terhadap hasil belajar keterampilan praktik kerja kayu / Priyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Priyono. 2010. Pengaruh Struktur Penugasan dan Balikan terhadap Hasil belajar Keterampilan Praktik Kerja Kayu. Tesis Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Waras M.Pd. (II) Drs. Bambang Widarta MT. Kata kunci struktur penugasan struktur balikan hasil belajar keterampilan kayu Penelitian ini bertujuan melakukan uji empirik untuk mengetahui pengaruh struktur penugasan dan struktur balikan yang dibedakan antara struktur terurai perbagian dan struktur utuh terhadap hasil belajar keterampilan praktik kerja kayu yang meliputi (1) kecermatan kerja (2) kecepatan kerja dan (3) kemampuan aplikasi pada situasi baru. Rancangan penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian yaitu 48 mahasiswa Program Diploma-3 Teknik Sipil dan Bangunan - Universitas Negeri Malang dibagi menjadi 4 kelompok yang sepadan untuk dikenai perlakuan proses pembelajaran berbeda yaitu penugasan perbagian-balikan perbagian penugasan utuh-balikan perbagian penugasan perbagian-balikan utuh dan penugasan utuh-balikan utuh. Obyek kajian adalah praktik kerja kayu secara masinal. Skor hasil belajar dianalisis dengan anova sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan struktur penugasan dan struktur balikan dalam proses pembelajaran keterampilan praktik kerja kayu menyebabkan perbedaan pada hasil belajar. Secara lebih terinci data penelitian menunjukkan (1) Penugasan atau balikan struktur terurai perbagian menghasilkan unjuk kerja praktikan dengan kecermatan kerja lebih tinggi daripada struktur utuh sebaliknya penugasan atau balikan struktur utuh menghasilkan kecepatan kerja lebih tinggi daripada struktur terurai perbagian. (2) Penugasan struktur utuh menghasilkan kemampuan aplikasi baru lebih tinggi daripada penugasan struktur terurai perbagian. Perbedaan struktur balikan tidak menunjukkan perbedaan kemampuan aplikasi baru secara signifikan. (3) Terjadi interaksi sangat signifikan antara penugasan dan balikan pada hasil belajar aspek kognitif berupa kemampuan aplikasi pada situasi baru. Tidak terjadi interaksi signifikan pada hasil belajar psikomotorik berupa kecermatan dan kecepatan kerja. Berdasarkan penelitian ini strategi pembelajaran efektif adalah menyajikan kedua bentuk struktur dalam satu kesatuan pembelajaran yaitu struktur utuh pada penugasan sedang struktur terurai perbagian pada balikan atau sebaliknya struktur terurai perbagian pada penugasan sedang struktur utuh pada balikan. Mengikuti kesimpulan penelitian ini dikemukakan dua butir saran Pertama diterapkan pertimbangan antara struktur terurai perbagian dan struktur yang utuh terhadap penugasan dan balikan dalam strategi pembelajaran keterampilan. Kedua adalah diterapkan tinjauan terhadap aspek kemampuan aplikasi pada situasi baru pada proses dan hasil belajar keterampilan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61794 |
Actions (login required)
View Item |