Penyikapan (Concern) guru sekolah menengah kejuruan (SMK) terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Eko Suwarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyikapan (Concern) guru sekolah menengah kejuruan (SMK) terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Eko Suwarno

Suwarno, Eko (2010) Penyikapan (Concern) guru sekolah menengah kejuruan (SMK) terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Eko Suwarno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eko Suwarno. 2010. Penyikapan (Concern) Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tesis. Pebimbing I Prof. Dr. Haris Anwar Safrudie M. Pd. Pembimbing II Drs. Bambang Widarta M. T. Kata kunci penyikapan (concern) guru SMK KTSP Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang penyikapan (concern) guru terhadap perubahan kurikulum. Tujuan penelitian adalah mengetahui penyikapan guru SMK terhadap KTSP. Tiga lokasi yakni kota Malang kota Blitar dan kabupaten Pacitan dipilih sebagai sasaran penelitian. SMK sasaran di masing-masing lokasi dipilih secara acak berdasarkan status negeri dan swasta. Sedangkan responden guru pada masing-masing sekolah dipilih secara acak dengan mempertimbangkan formasi bidang tugas mengajar guru normatif adaptif dan produktif. Jumlah responden pada masing-masing lokasi kota Malang Blitar dan Pacitan adalah 207 121 121. Untuk dapat mengkarakterisasi penyikapan model adopsi berbasis penyikapan (concern based adoption model/ CBAM) digunakan sebagai kerangka kerja penelitian. Dengan kerangka kerja ini pengumpulan data survey dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner tahapan penyikapan yang telah diadaptasi untuk topik penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden di tiga lokasi penelitian telah memiliki tahapan penyikapan yang berfokus pada pengaruh dan manfaat (impact) yang meliputi tahapan penyikapan konsekuensi kolaborasi dan tahapan penyikapan pemfokusan ulang. Data hasil penelitian menunjukkan persentase rerata sebesar 35 52% 31 05 % dan 19 74 % masing untuk tahapan penyikapan konsekuensi kolaborasi dan penyikapan pemfokusan ulang. Dari ke tiga tahapan penyikapan tersebut tahapan penyikapan konsekuensi memiliki persentase lebih tinggi dari persentasi pada tahapan penyikapan lainnya Secara kumulatif persentase responden yang mencerminkan tahapan penyikapan terhadap pengaruh dan manfaat sebesar 88 30 % 88 52 % dan 82 11 % masing-masing untuk kota Malang kota Blitar dan kabupaten Pacitan. Kepemilikan mayoritas tahapan penyikapan yang berfokus pada pengaruh dan manfaat tersebut menunjukkan bahwa mayoritas guru dalam penelitian ini menerima program perubahan yang dalam penelitian berupa KTSP. Mayoritas guru telah memiliki penyikapan dengan fokus pada peserta didik sebagai sasaran akhir KTSP dan mulai bekerja secara kolaboratif dengan kolega untuk mengimplementasikan KTSP. Walaupun begitu hasil penelitian juga menunjukkan pesentase rerata sebesar 0 35 % dari responden memiliki penyikapan dasar tidak memikirkan dan tidak tertarik dalam mencari informasi dan atau membelajarkan diri terkait KTSP. Rekomendasi strategi pengembangan yang cocok untuk tahapan penyikapan mayoritas dapat berupa memfasilitasi implementasi dan kegiatan untuk meyakinkan agar iklim kolaboratif terus tumbuh dan berkembang. Kegiatan lain dapat berupa seminar atau workshop dengan fokus pembelajaran siswa dan kunjungan pada situasi pelaksanaan program yang berbeda. Instrumen yang diadaptasi penulis dalam penelitian ini terbatas menggali penyikapan guru terhadap KTSP dan belum mengakomodasi faktor kontekstual individu guru dan kelembagaan yang berpengaruh terhadap penyikapan. Penelitian lanjut menggunakan untuk maksud pengembangan instrumen sehingga dapat menggali masing-masing aspek dan pengaruhnya terhadap penyikapan secara lebih mendalam sangat disarankan. Penelitian lain dapat berupa relasi penyikapan terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61790

Actions (login required)

View Item View Item