Pengembangan media audio video dalam pembelajaran praktik las oksi asetilin untuk siswa kelas X program studi mekanik otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Rusliansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio video dalam pembelajaran praktik las oksi asetilin untuk siswa kelas X program studi mekanik otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Rusliansyah

Rusliansyah (2010) Pengembangan media audio video dalam pembelajaran praktik las oksi asetilin untuk siswa kelas X program studi mekanik otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Rusliansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusliansyah. 2010. Pengembangan Media Audio Video dalam Pembelajaran Praktik Las untuk Siswa Kelas X Program Studi Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mardi Wiyono S.T. M.Pd (II) Drs. Andoko M.T. Kata kunci pengembangan media audio video pembelajaran praktik las Pembelajaran pengelasan oksi asetilin selama ini berlangsung dengan menggunakan buku manual dan perangkat las oksi asetilin masih sangat sederhana. Berdasarkan observasi sampai tahun 2007 kekurangan yang terdapat pada pembelajaran prosedur pengelasan dengan las oksi asetilin di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah (1) belum ada pengayaan presentasi pengajaran dengan audio video (2) belum ada fasilitas multimedia untuk membantu pemahaman siswa secara lebih jelas dan nyata (3) memerlukan banyak tambahan penjelasan sehingga waktu untuk proses belajar mengajar kurang efisien (4) sajian tampilan media alat yang sebenarnya kurang variatif sehingga kurang memberi ketertarikan dan kurang memberi keaktifan pada siswa. Pemilihan media audio video sebagai produk teknologi media pengajaran parktek las oksi asetilin adalah karena realita bahwa kita berada dalam era teknologi informasi. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan mengembangkan produk media audio video untuk mendukung pembelajaran praktik las oksi asetilin pada posisi mengelas di bawah tangan keefektifan media pembelajaran mengelas pada siswa yang menggunakan media audio video dan yang tidak menggunakan media audio video pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Rancangan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan tahapan pengembangan melalui prosedur atau langkah yang dipersiapkan terlebih dahulu yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan di kembangkan (2) mengembangkan produk awal (3) Validasi ahli dan revisi (4) uji coba lapangan skala kecil (5) uji coba lapangan skala besar. Tahapan yang diambil dimaksudkan untuk memperoleh media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai mengenai kesesuaian media dalam pembelajaran terutama kompetensi mengelas sambungan I menggunakan las oksi asetilin dengan posisi pengelasan di bawah tangan sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif ketersediaan media pembalajaran selain buku teks. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Sebagai responden Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media audio video (X1) dan pembelajaran yang tidak menggunakan media (X2) serta hasil belajar kompetensi mengelas sambungan I menggunakan las oksi asetilin (Y) sebagai variabel terikatnya. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah peneliti berhasil membuat/mengembangkan media audio video (keping VCD) dalam pembelajaran praktik las oksi asetilin dengan posisi mengelas di bawah tangan dengan durasi 50 menit. Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai. Sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif ketersediaan media pembalajaran selain buku teks. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran akan sangat membantu dan sangat besar keefektifannya dalam mengajar menggunakan media audio-video praktik las terhadap kompetensi mengelas pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas yang menggunakan media 3.13 dan nilai rata kelas yang tidak menggunakan media 2.43 dengan t-hitung sebesar 17.466 dan sig 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61787

Actions (login required)

View Item View Item