Pengaruh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software CAD/CAM dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar memprogram mesin frais CNC / Mohammad Taufik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software CAD/CAM dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar memprogram mesin frais CNC / Mohammad Taufik

Taufik, Mohammad (2010) Pengaruh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software CAD/CAM dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar memprogram mesin frais CNC / Mohammad Taufik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufik Mohammad. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Menggunakan Software CAD/CAM dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Memprogram Mesin Frais CNC. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd Pembimbing II Drs. Imam Muda Nauri ST. M.T. Kata Kunci pembelajaran berbantuan komputer software CAD/CAM motivasi berprestasi hasil belajar. Kemampuan/ketrampilan siswa dalam memprogram mesin frais CNC selama ini bersifat abstrak karena belum bisa dibuktikan kebenarannya melalui eksekusi program menggunakan mesin frais CNC. Guru mengalami kesulitan membantu siswa memperoleh pemahaman yang maksimal karena guru tidak mempunyai media untuk mensimulasikan program CNC tersebut. Pembelajaran berbantuan komputer merupakan alternatif solusi bagi SMK yang tidak mempunyai mesin-mesin CNC. Dengan bantuan komputer maka program mesin frais CNC yang telah disusun dapat disimulasikan di layar monitor untuk mengetahui gambaran proses pemesinannya. Kondisi motivasi berprestasi siswa perlu diperhitungkan sebagai variabel yang turut mempengaruhi hasil belajar. Hasil-hasil penelitian sebelum-nya menunjukkan bahwa siswa dengan motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik dari siswa bermotivasi rendah. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan verifikasi teori ber-dasarkan data empirik apakah pembelajaran berbantuan komputer mengguna-kan software CAD/CAM dapat meningkatkan hasil belajar memprogram mesin frais CNC Apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari siswa bermotivasi rendah Apakah ada interaksi antara faktor perlakuan dalam kelompok dan faktor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar memprogram mesin frais CNC Rancangan (Design) yang dipilih dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Factorial 3 x 2 - Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XII (tingkat III) Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang Tahun Pelajaran 2008/2009 100 siswa. Kelompok perlakuan pertama memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software Mastercam kelompok perlakuan kedua memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software EDV754 kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen motivasi berpres-tasi digunakan untuk memperoleh data tentang tingkatan motivasi berprestasi siswa. Instrumen Tes Hasil Belajar digunakan untuk memperoleh data hasil belajar memprogram mesin frais CNC. Uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan analisis varian dua jalan (Two Ways Anova). Uji Scheffe digunakan sebagai analisis data lanjutan dari analisis varian untuk mengetahui kelompok mana saja yang berbeda secara signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Mean hasil belajar kelompok pembelajaran berbantuan komputer mengunakan software Mastercam ( 80 59) lebih tinggi dari mean hasil belajar kelompok pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software EDV 754 ( 75 78) dan lebih tinggi dari mean hasil belajar kelompok pembelajaran konvensional ( 68 54) (2) mean hasil belajar kelompok pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software EDV 754 ( 75 78) lebih tinggi dari mean hasil belajar kelompok pembelajaran konvensional ( 68 54) (3) mean hasil belajar kelompok siswa yang mem-punyai motivasi berprestasi tinggi ( 77.9222) lebih tinggi dari kelompok siswa bermotivasi rendah ( 71.4814) (4) ada interaksi antara faktor perlakuan dalam kelompok dan faktor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah (1) kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software Mastercam lebih unggul dalam hasil belajar dari kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software EDV 754 pada kondisi motivasi berprestasi tinggi (2) kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software Mastercam lebih unggul dalam hasil belajar dari kelompok siswa yang mem-peroleh pembelajaran konvensional pada semua kondisi motivasi berprestasi (3) kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software EDV754 lebih unggul dalam hasil belajar dari kelompok sswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada kondisi motivasi berprestasi tinggi (4) kelompok siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih unggul dalam hasil belajar dari kelompok siswa bermotivasi rendah pada kelompok pembelajaran berbantuan komputer menggunakan software CAD/CAM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61785

Actions (login required)

View Item View Item