Pengaruh penggunaan tiga model pembelajaran terhadap hasil belajar mata diklat pemrograman web PHP pada siswa laki-laki dan perempuan berprestasi tinggi di SMK NEGERI 8 Malang / Rini Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan tiga model pembelajaran terhadap hasil belajar mata diklat pemrograman web PHP pada siswa laki-laki dan perempuan berprestasi tinggi di SMK NEGERI 8 Malang / Rini Agustina

Agustina, Rini (2010) Pengaruh penggunaan tiga model pembelajaran terhadap hasil belajar mata diklat pemrograman web PHP pada siswa laki-laki dan perempuan berprestasi tinggi di SMK NEGERI 8 Malang / Rini Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Rini. 2009. Pengaruh Penggunaan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pemrograman Web PHP Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Berprestasi Tinggi Di SMK Negeri 8 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Achmad Tutjik Moechid M.Sc Ph.D (II) Dr. Muladi S.T M.T. Kata Kunci model pembelajaran pemrograman web PHP. Model pembelajaran yang tepat bagi siswa merupakan salah satu bentuk dukungan dari guru sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti diketahui guru adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan siswa. Guru tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan akan tetapi juga sebagai rekan belajar model pembimbing dan fasilitator. Pada saat ini guru tidak bisa mengajar tanpa menetapkan suatu model pembelajaran dalam kelasnya oleh karena pemberian model pembelajaran di kelas diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun kompetensi mata diklat produktif yang diangkat dalam penelitian ini merupakan salah satu ma teri komputer sains di Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan masyara kat. Mata diklat ini diprediksi akan menjadi kecenderungan ka rena tek nologi tersebut berbasis teknologi internet yaitu Pemrograman Web PHP (Personal Home Page). Penelitian ini menerapkan tiga model pembelajaran yaitu Independent Learning Cooperative Learning type Jigsaw dan Contextual Teaching and Learning pada siswa berprestasi tinggi yang dikategorikan siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pemisahan kategori tersebut diduga menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa selain model pembelajarannya. Karena secara psikologis siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki karakteristik dan cara penanganan yang berbeda sehingga dimungkinkan jika diberikan suatu sistem pembelajaran baru akan dapat memperbaiki dan mengakomodasi pola pikir serta pola belajar mereka sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Tercatat nilai rerata tertinggi kompetensi pada masing-masing model pembelajaran yaitu sebesar 8 98 untuk model pembelajaran Independent Learning 8 91 untuk model pembelajaran Cooperative Learning dan 9 44 pada model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning. Siswa berprestasi tinggi (laki-laki dan perempuan) sangat berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 22 39 yang lebih besar dari Ftabel dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 3 92 dan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 6 85. Dan terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan Prestasi belajar tinggi (laki-laki dan perempuan) terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Dari uji scheffe ditemukan bahwa taraf signifikansi tertinggi sebesar 29 4 dari limabelas kombinasi yang ada. Dari temuan penelitian ini disarankan agar guru perlu melakukan pemilihan model pembelajaran yang tepat bagi siswa. Perlu kiranya diperhatikan juga bahwa jenis kelamin mem-berikan pengaruh/kontribusi yang sangat tinggi terhadap tingkat keberhasilan belajar siswa. Untuk penelitian lanjutan disarankan agar dilakukan penelitian sejenis dengan populasi yang lebih besar dan menggunakan model pembelajaran lain seperti Quantum Learning Project Base Learning Cooperative Learning dengan tipe STAD dan lain sebagainya. Penambahan variabel lain seperti gaya belajar intelegensi dan sikap bakat dan minat serta cara belajar siswa juga erat hubungannya dengan kemampuan siswa dan diduga ikut mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian lanjutan juga disarankan agar dilakukan pada kompetensi dan mata diklat yang berbeda baik mata diklat normatif adaptif maupun produktif yang lain pada semua jurusan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61782

Actions (login required)

View Item View Item