Kompetensi siswa bidang pemesinan bubut ditinjau dari hasil uji kompetensi oleh penguji internal dan lembaga sertifikasi profesi pada SMK Kota Malang / Sulisetiyoningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi siswa bidang pemesinan bubut ditinjau dari hasil uji kompetensi oleh penguji internal dan lembaga sertifikasi profesi pada SMK Kota Malang / Sulisetiyoningrum

Sulisetiyoningrum (2010) Kompetensi siswa bidang pemesinan bubut ditinjau dari hasil uji kompetensi oleh penguji internal dan lembaga sertifikasi profesi pada SMK Kota Malang / Sulisetiyoningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulisetiyoningrum 2009. Kompetensi Siswa Bidang Pemesinan Bubut Ditinjau dari Hasil Uji Kompetensi oleh Penguji Internal dan Lembaga Sertifikasi Profesi pada SMK Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembibing (I) Prof. Dr. H. A. Sonhadji K.H. M.A Ph.D. (II) Drs. Andoko M.T. Kata kunci SMK uji kompetensi pemesinan bubut penguji internal penguji eksternal. Bagi siswa SMK jurusan Pemesinan harus mempunyai kompetensi produk -tif yang sesuai dengan bidang pemesinan salah satunya harus kompeten diper-mesinan bubut. Kompetensi bubut sangat di perlukan siswa untuk bekerja nanti-nya oleh karena itu sekolah dalam melaksanakan program pembela jaran dan pe-ningkatan kompetensi siswa agar dapat diterima oleh DU/DI bekerja sama dengan DU/DI untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa. Karena siswa setelah lulus akan bekerja kedunia industri maka pada uji kompetensi diperlukan pihak industri untuk melalukan penilaian terhadap hasil kerja siswa sesuai standar industri. Dengan kompetensi siswa yang baik maka suatu sekolah dapat berhasil me ning -katkan prestasi belajar siswa dan dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya setelah tamat. Untuk mengungkapkan hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut yang meliputi pekerjaan facing bubut rata ( ) bubut rata (L) bubut ber ting kat bubut alur ( ) bubut alur (L) tampilan N7 pembubutan tampilan N7 alur tampilan semua pekerjaan dan nilai akhir kompetensi penelitian ini meru mus kan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut menu rut penguji internal pada SMK Kota Malang (2) Bagaimanakah hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut menurut peng-uji eksternal pada SMK Kota Malang dan (3) Apakah terdapat perbedaan antara hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut menurut penguji internal dan penguji eksternal pada SMK Kota Malang Untuk menjawab perta nya an di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan diskriptif serta populasi peneli ti an adalah semua siswa kelas 3 pada SMK Kota Malang jurusan Teknik Pemesin an yang melakukan uji kompetensi bubut dasar tahun pelajaran 2007/2008. Peneliti an ini menggunakan data dokumen dan benda kerja siswa hasil uji kompetensi bidang pemesinan bubut sebagai instrument dalam pengum pul an data. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Menurut penguji internal menunjukkan bahwa hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut pada SMK Kota Malang yang meliputi pekerjaan facing bubut rata ( ) bubut rata (L) bubut bertingkat bubut alur ( ) bubut alur (L) tampilan N7 pembubutan tam-pilan N7 alur tampilan semua pekerjaan dan nilai akhir kompetensi pada umum-nya siswa memiliki kompetensi amat baik (2) Menurut penguji eksternal menun-jukkan bahwa hasil uji kompetensi siswa bidang pemesinan bubut pada SMK Kota Malang yang meliputi pekerjaan facing bubut rata ( ) bubut rata (L) bubut bertingkat bubut alur ( ) bubut alur (L) tampilan N7 pembu butan tampilan N7 alur tampilan semua pekerjaan dan nilai akhir kompetensi sebagian besar siswa memiliki kompetensi cukup dan (3) ada perbedaan penilaian hasil uji kompe ten si siswa an ta ra pe nguji internal dan penguji eksternal pada pekerjaan facing bubut rata ( ) bubut rata (L) bubut bertingkat bubut alur ( ) bubut alur (L) dan nilai akhir kompetensi. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan kualitas uji kompetensi bidang pemesinan bubut adalah (1) Senantiasa memperhatikan proses penyetingan awal yang dilakukan oleh siswa sebelum proses pengerjaan benda kerja karena untuk mendapatkan ketepatan ukuran benda kerja (2) Senantiasa dalam proses belajar praktik pemesinan untuk memberikan jenis pekerjaan bervariasi dan selalu mengutamakan pada ketepatan ukuran benda kerja dari pada kecepatan dan bentuk benda kerja (3) Senantiasa melaksanakan evaluasi terhadap hasil uji kompetensi yang telah dilakukan oleh siswa sehingga dapat mmengetahui tingkat kompetensi yang dimilki oleh siswa (4) Senantiasa berupaya untuk meningkatkan kompetensi siswa dengan mengikuti perkembangan teknologi dunia industri bekerja sama dengan DU/DI dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan dan mengembang kan peralatan yang dibutuhkan di bengkel praktik sekolah sesuai standar industri serta dapat meningkatkan kompeten si siswa dan dapat memenuhi kebutuhan pasar industri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61776

Actions (login required)

View Item View Item