Peningkatan prestasi belajar siswa pada SUB kompetensi merakit komponen elektronika melalui penerapan prosedur pekerjaan perakitan di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu / OO Sugiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar siswa pada SUB kompetensi merakit komponen elektronika melalui penerapan prosedur pekerjaan perakitan di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu / OO Sugiarto

Sugiarto, OO (2010) Peningkatan prestasi belajar siswa pada SUB kompetensi merakit komponen elektronika melalui penerapan prosedur pekerjaan perakitan di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu / OO Sugiarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugiarto O. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sub Kompetensi Merakit Komponen Elektronika Melalui Penerapan Prosedur Pekerjaan Perakitan di SMK Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mardi Wiyono S.T. M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata kunci prestasi belajar kompetensi prosedur pekerjaan. Dalam rangka melaksanakan proses pembelajaran teori dan praktek para guru umumnya sangat mengharapkan semua siswanya memiliki prestasi belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran yang dibinanya. Namun realita yang ada hasil pekerjaan pada proses pembelajaran praktek siswa khususnya untuk kompetensi perakitan komponen elektronika kurang menunjukan hasil yang maksimum. Berdasarkan studi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Losarang Indramayu penyebab rendahnya kwalitas pekerjaan setelah pembelajaran praktek perakitan komponen elektronika adalah kurang optimalnya dalam penerapan prosedur pekerjaan perakitan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada sub kom-petensi merakit komponen elektronika melalui penerapan prosedur pekerjaan perakitan di SMK Negeri 1 Losarang Indramayu. Kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan penelitan tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan materi uji komponen merakit komponen dan pengujian hasil rakitan. Pada masing masing siklus dilakukan beberapa tahapan perencana an pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian meng gunakan siswa kelas X-1 SMK Negeri 1 Losarang Indramayu (36 orang siswa). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan berikut ini 1) penerapan prosedur pekerjaan perakitan dapat meningkatkan prestasi belajar dengan pencapaian yang lebih baik dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa. 2) penerapan prosedur pekerjaan perakitan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran yang pada akhirnya akan menunjang peningkatan pencapaian prestasi belajar. Peneliti menyarankan 1) dalam meningkatan prestasi belajar siswa hendak nya selain dengan penerapan prosedur pekerjaan perakitan yang benar dilengkapi dengan peningkatan sarana praktek yang memadai 2) kepada kepala program jurusan teknik elektro untuk menyediakan dukungan dan fasilitas hingga dapat menyusun dan melaksanakan pembelajaran dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada sub kompetensi merakit komponen elektronika 3) kepada guru atau peneliti untuk dapat melakukan penelitian ulang baik pada sub kompetensi yang sama atau berbeda untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61775

Actions (login required)

View Item View Item