Pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan bakat mekanik terhadap pencapaian kompetensi mengelas siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Malang / Suwandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan bakat mekanik terhadap pencapaian kompetensi mengelas siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Malang / Suwandi

Suwandi (2010) Pengaruh penggunaan metode demonstrasi dan bakat mekanik terhadap pencapaian kompetensi mengelas siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari Malang / Suwandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suwandi 2009. Pengaruh Metode Demonstrasi DanBakat Mekanik Terhadap Pencapaian Kompetensi Mengelas Siswa kelas X di SMK Negeri 1 Singosari Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H.Dwi Agus Sujimat M.Pd. (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci metode pembelajaran bakat mekanik dan pencapaian kompetensi mengelas SMK. Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta dilapangan menunjukkan kurang optimalnya pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan penggunaan metode pembelajaran dan pemahaman bakat atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Peranan pendidikan sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu untuk bersaing baik dalam perebutan lapangan kerja maupun dalam kompetisi bisnis pada era-globalisasi dan pasar bebas. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan hendaknya dikelola sedemikian rupa sehingga pada akhirnya akan terjadi peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas luarannya. Indikasi tercapainya tujuan tersebut akan tercermin dari kemampuan siswa menyelesaikan studi tepat waktu dengan hasil belajar maksimal. Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa menunjukkan tingkat penguasaan materi terhadap tujuan pembelajaran yang dicapai. Salah satu hasil belajar di SMK adalah kompetensi mengelas sambungan sudut. Pencapaian kompetensi mengelas sambungan sudut dipengaruhi oleh dua hal yakni metode pembelajaran dan bakat siswa. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut 1) apakah ada perbedaan pencapaian kompetensi mengelas antara kelompok siswa yang diajar dengan metode demonstrasi dan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan CD pembelajaran 2) apakah ada perbedaan pencapaian kompetensi mengelas sambungan sudut antara kelompok siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi bakat mekanik sedang dan kelompok siswa yang memiliki bakat mekanik rendah dan 3)apakah ada interaksi antara metode demonstrasi dan bakat mekanik siswa terhadap pencapaian kompetensi mengelas Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini dijalankan dengan rancangan eksperimental dimana kelompok eksperimental diajar dengan CD pembelajaran dan kelompok kontrol diajar dengan metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan mekanik industri SMKN I Singosari Malang. Dimana kelompok eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai observasi (Fhitung 5 570 Ftabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar pencapaian kompetensi mengelas yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi dan siswa yang diajar dengan menggunakan CD pembelajaran. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa (Fhitung 8 316 Ftabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar pencapaian kompetensi mengelas antara siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dengan siswa yang memiliki bakat mekanik sedang dan siswa yang memiliki bakat mekanik rendah dan hasil analisis hipotesis 3 menunjukkan bahwa (Fhitung 1 498 F tabel 3 16 untuk taraf signifikansi p 0 05) dengan tingkat signifikansi 0 232. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar (1) pengajar mata diklat produktif menggunakan metode demonstrasi dengan menggunakan media (CD) dalam kegiatan pembelajaran karena dapat memberikan kemudahan belajar bagi siswa (2) sebelum melakukan suatu kegiatan pembelajaran sebaiknya diadakan tes bakat terlebih dahulu untuk mempermudah siswa dalam belajar sesuai dengan bakat yang dimiliki pada proses pembelajaran dan (3) pengembangan metode pembelajaran yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan bakat yang dimiliki siswa. Hal ini dapat membantu siswa dan memberikan peluang besar untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61772

Actions (login required)

View Item View Item