Pengaruh pembelajaran praktikum dengan menggunakan CD interaktif terhadap kompetensi sistem pengapian pada siswa kelas III Mekanik Otomotif SMK YP 17-1 Kota Malang / Eddy Sudarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran praktikum dengan menggunakan CD interaktif terhadap kompetensi sistem pengapian pada siswa kelas III Mekanik Otomotif SMK YP 17-1 Kota Malang / Eddy Sudarwanto

Sudarwanto, Eddy (2009) Pengaruh pembelajaran praktikum dengan menggunakan CD interaktif terhadap kompetensi sistem pengapian pada siswa kelas III Mekanik Otomotif SMK YP 17-1 Kota Malang / Eddy Sudarwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak besar terhadap bidang pendidikan. Salah satunya adalah tersedianya pembelajaran yang menggunakan Compact Disc (CD) interaktif yang terdiri dari atas tayangan teks informasi animasi gambar dan soal-soal latihan untuk mencari dan menganalisa kerusakan dan perbaikan sistem pengapian pada dunia otomotif. CD pembelajaran sistem pengapian ini dapat dimiliki oleh semua siswa dikarenakan harga keping CD murah dan praktis dan sangat bermanfaat untuk mengikuti perkembangan dan menambah ilmu khususnya sistem pengapian konvensional sampai ke sistem pengapian elektronik. Penelitian mengenai pembelajaran yang menggunakan media CD interaktif sistem pengapian ini antara lain bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD interaktif dalam pembelajaran praktikum sistem pengapian. Penggunaan CD interaktif pengapian merupakan salah satu prasarana bagi terjadinya interaksi belajar mengajar yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimental subyek penelitian ini adalah siswa SMK YP 17-1 Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III Mekanik Otomotif dengan jumlah 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol variabel bebas yang digunakan adalah pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif. Variabel terikatnya adalah hasil praktikum kompetensi sistem pengapian. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pengetahuan dan tes praktek kompetensi sistem pengapian tes kemampuan pengetahuan jumlahnya ada 40 butir dinyatakan valid dan 5 butir soal praktek kompetensi sistem pengapian juga dinyatakan valid. Sebelumnya dilakukan uji coba instrumen penelitian yaitu validitas dan reliabilitas instrumen untuk validitas menggunakan korelasi product moment sebesar 0 40 untuk taraf signifikansi 0 05 (5%) dengan menyertakan sampel yang diujicobakan apabila rhitung rtabel maka soal yang ditanyakan valid diambil nilai r 0 4 ke atas dinyatakan signifikan. Untuk reliabilitas menggunakan Kuder_Richardson (KR-20). Reliabilitas soal dikatakan baik jika memiliki nilai Cronbach s Alpha dari 0 60. Selanjutnya juga dilakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogorof-Smirnof test jika nilai Dhitung dari Dtabel maka data dianggap normal. Selain itu juga dapat dinyatakan bahwa koefisien signifkansi (Asymp. Sig) dan alpha 5% data dianggap normal. Selanjutnya uji homogenitas digunakan Leavene Statistic jika nilai Fleavene statistic alpha 5% maka data dianggap bervarian homogen. Analisis data yang terakhir dalam penelitian ini menggunakan uji-t kesemuanya pengujian tersebut menggunakan program SPSS 12 for windows. Berdasarkan kesimpulan analisa data yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan CD interaktif terhadap pengetahuan siswa tentang sistem pengapian pada kelas III program keahlian mekanik otomotif (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan CD interaktif terhadap kompetensi siswa tentang sistem pengapian pada kelas III program keahlian mekanik otomotif. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai berikut (1) guru harus meningkatkan pemahaman pengetahuan siswa dengan menerapkan pembelajaran CD interaktif (2) siswa diwajibkan untuk memiliki media CD interaktif karena harganya murah dan praktis (3) hendaknya sarana praktek di workshop/bengkel dilengkapi yang mengikuti perkembangan teknologi sehingga siswa lebih banyak mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan (4) perlu diadakan penelitian lanjutan untuk kompetensi yang berbeda dalam perbandingan yang sama atau metode lain pada kompetensi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61770

Actions (login required)

View Item View Item