Peningkatan hasil belajar matematika bilangan pecahan melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Roziana Irfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika bilangan pecahan melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Roziana Irfa

Irfa, Roziana (2016) Peningkatan hasil belajar matematika bilangan pecahan melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung / Roziana Irfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irfa Roziana. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bilangan pecahan Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Pada Kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Ke-pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen dan Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Dra. Widayati M. H Kata kunci hasil belajar bilangan pecahan model nht Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian siswa masih rendah hal ini bisa dilihat dari 17 siswa sebanyak 10 siswa (59%) yang belum tuntas belajar dan hanya 7 siswa (41%) yang tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran. Pada saat belajar kelompok siswa yang pandai cenderung egois dan tidak mau membantu teman yang kesulitan. Banyak siswa yang diam terlihat bosan dan ramai sendiri. Sehingga hasil belajarnya kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui mendeskripsikan penerapan model NHT pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bilangan pecahan siswa kelas IV SDN 1 Sukorejo Wetan Kabupaten Tulungagung melalui model NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai rata-rata observasi aktivitas guru dan siswa setiap pertemuan mengalami peningkatan. Sedangkan dari nilai rata-rata kelas dari pratindakan siklus I kemudian siklus II yang mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata klasikal sebesar 49 dengan persentase ketuntasan 41%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata klasikal 65 dengan persentase ketuntasan 41%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan 78%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 87 dengan persentase ketuntasan 100%. Pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 98 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan sudah sangat baik berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model NHT. Untuk itu disarankan guru dapat mengembangkan model NHT pada mata pelajaran lainnya siswa hendaknya dapat saling bertukar pendapat saat belajar kelompok dan sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item