Peningkatkan kecermatan bekerja dalam kompetensi menggunakan perkakas tangan dengan modul CD pembelajaran pada siswa kelas X mekanik industri SMK Negeri 1 Singosari / Shanty Sri Isnainingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan kecermatan bekerja dalam kompetensi menggunakan perkakas tangan dengan modul CD pembelajaran pada siswa kelas X mekanik industri SMK Negeri 1 Singosari / Shanty Sri Isnainingsih

Isnainingsih, Shanty Sri (2010) Peningkatkan kecermatan bekerja dalam kompetensi menggunakan perkakas tangan dengan modul CD pembelajaran pada siswa kelas X mekanik industri SMK Negeri 1 Singosari / Shanty Sri Isnainingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnainingsih Shanty Sri. 2009. Peningkatan Kecermatan Bekerja dalam Kompetensi Menggunakan Perkakas Tangan dengan Modul CD Pembelajaran pada Siswa Kelas X Mekanik Industri SMK Negeri I Singosari.Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji Kosim Hasan M.A Ph.D (2 ) Drs.H.Maftuchin Romlie MPd Kata-kata kunci kecermatan bekerja kompetensi menggunakan perkakas tangan modul CD pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Classroom Action Research atau CAR) pelaksanaannya dilakukan pada 3 sub kompetensi antara lain sub kompetensi penandaan sub kompetensi penggergajian dan sub kompetensi pengikiran dan masing-masing terdiri dari tiga ranah yang diteliti yaitu ranah afektif ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Pada penilaian hasil akhir dikatakan siswa sudah lulus atau kompeten apabila siswa mempunyai nilai 8805 7 00 Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus tiap siklus menggunakan benda kerja yang berbeda siklus pertama menggunakan benda kerja balok segi empat sedang siklus kedua dan ketiga menggunakan benda kerja profil U tetapi berbeda bidang yang dikerjakan. Metode pembelajaran menggunakan modul CD pembelajaran yang dilengkapi dengan modul pendamping jobsheet dan instrumen penilaian dengan perencanaan pembelajaran diawali pembuatan skenario pembelajaran menyiapkan media pembelajaran menyiapkan perangkat observasi siswa dan guru pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Siklus pertama masing-masing sub kompetensi diawali dengan tahap penjelasan (secara umum dan pre tes) berikutnya tahap peragaaan (tayangan durasi penuh untuk sub kompetensi penandaan penggergajian dan pengikiran) tahap komunikasi terjadi interaksi dan tahap mencoba mengerjakan soal pos tes yang terdapat pada modul pendamping. Tahap bekerja siswa yang kompeten pada kompetensi penandaan yaitu 9 09 % kompetensi penggergajian yang kompeten 9 09% dan kompetensi pengikiran yang kompeten pada bidang satu 9 09% dan pada bidang dua 3 03%. Hasil refleksi siklus pertama kurang baik maka siklus yang berikutnya ditayangkan modul CD pembelajaran dengan bentuk potongan per sub kompetensi yang ditayangkan satu kali yaitu pada awal pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus II yang kompeten adalah 93 94% pada sub kompetensi penandaan sedang sub kompetensi penggergajian adalah 96 96% dan sub kompetensi pengikiran sebesar 81 82% pada bidang satu serta pada bidang dua sebesar18 18% i Dilakukan pengamatan serta penilaian dengan perolehan hasil bahwa ditemukan nilai yang kurang kompeten hasil refleksi pada siklus kedua ini masih rendah. Sehingga pada siklus ketiga tahap peragaan modul CD pembelajaran yang ditayangkan dengan modul potongan pada masing-masing sub kompetensi diperoleh hasil siswa yang kompeten pada sub kompetensi penandaan penggergajian dan pengikiran bidang satu sudah 100% sedangkan pada sub kompetensi pengikiran untuk bidang dua yang kompeten masih 96 97%. Bertitik tolak pada temuan ini beberapa kesimpulan yang didapatkan yaitu (1) adanya peningkatan nilai postes yang signifikan dibandingkan dengan nilai pretes (2) peningkatan kecermatan dalam pemilihan dan penggunaan alat perkakas tangan (3) peningkatan kecermatan dalam pemilihan dan penggunaan alat ukur (4) peningkatan kecermatan dalam pelaksanaan K3 (5) peningkatan nilai pada semua sub kompetensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61759

Actions (login required)

View Item View Item