Perbedaan penggunaan media mobil training dan media mobil real pada kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Achmad Iswahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media mobil training dan media mobil real pada kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Achmad Iswahyudi

Iswahyudi, Achmad (2009) Perbedaan penggunaan media mobil training dan media mobil real pada kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring siswa SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Achmad Iswahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan mengajar yang efektif dan efisien dalam pembelajaran praktik merupakan strategi untuk menghasilkan siswa yang kompeten. Media sebagai bagian penting dalam pembelajaran praktik sebaiknya sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Media mobil training dapat dikatagorikan media yang sesuai efektif dan mudah untuk memahami pembelajaran kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring siswa SMKN 1 Kota Mojokerto yang diajarkan dengan menggunakan media mobil training 2) kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring siswa SMKN 1 Kota Mojokerto yang diajarkan dengan menggunakan media mobil real dan 3) perbedaan yang signifikan penggunaan media mobil training dan media mobil real pada kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring. Penelitian ini mengunakan disain quasi experimental dengan subyek penelitian adalah kelas XI TMO 1 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas yang diajakan dengan menggunakan media mobil training dan kelas XI TMO 2 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan media mobil real SMKN 1 Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan prates dan pascates dengan menggunakan tes unjuk kerja yang telah melalui pengujian validitas dari 10 soal tes dinyatakan valid dan pengujian reliabilitas menggunakan koefisien alpha Cronbach 0 60 0 978. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring yang diajarkan menggunakan media mobil training menghasilkan nilai rerata pascates 81 97 2) kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring yang diajarkan menggunakan media mobil real menghasilkan nilai rerata pascates 74 74 dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media mobil training dan media mobil real pada kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring dengan taraf signifikansi ( 945 ) 0 05. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru pengajar kompetensi kelistrikan untuk mengembangkan dan menggunakan media mobil training yang memenuhi karakteristik dalam kegiatan pembelajaran praktik kompetensi troubleshooting sistem penerangan dan wiring sehingga siswa mampu menguasai kompetensi troubleshooting dengan baik. Media mobil training sebagai media pembelajaran lebih luas dapat dikembangkan secara lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61758

Actions (login required)

View Item View Item