Pengembangan perangkat pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin bensin 4 silinder 4 tak tune up dengan sistem multimedia pada program keahlian mekanik otomotif kelas X SMKN 6 Malang / Gunawan Dwiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin bensin 4 silinder 4 tak tune up dengan sistem multimedia pada program keahlian mekanik otomotif kelas X SMKN 6 Malang / Gunawan Dwiyono

Dwiyono, Gunawan (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin bensin 4 silinder 4 tak tune up dengan sistem multimedia pada program keahlian mekanik otomotif kelas X SMKN 6 Malang / Gunawan Dwiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) untuk Program Keahlian Mekanik Otomotif diperlukan pengetahuan teoritis yang cukup lalu disertai dengan pengetahuan praktis yang mudah dipahami. Tidak kalah pentingnya mereka harus memiliki skill yang khusus karena karakteristik lulusan SMK adalah memiliki kompetensi di bidangnya. Untuk itu mata diklat produktif merupakan mata diklat yang sangat memungkinkan bisa membekali kompetensi yang diperlukan sesuai bidang keahliannya. Salah satu yang menyulitkan dalam pembelajaran produktif yaitu Tune Up mesin adalah banyak sekali prosedur yang harus dilakukan rawan menimbulkan kesalahan fatal. Untuk membawa siswa menjadi taat dan tidak salah maka akan menjadi efektif bila dihadirkan seorang instruktur yang senantiasa benar dan tidak melupakan informasi-informasi yang dibutuhkan. Guru sebagai instruktur memiliki sifat pelupa secara manusiawi. Ketika dalam proses pembelajaran instuktur memberi contoh ada beberapa hal yang terlupa. Kejadian semacam ini menjadikan proses belajar harus senantiasa memberikan instuksi lagi memberi informasi lagi karena saat memberi contoh tadi lupa belum tersampaikan dan baru disadari saat siswa melakukan kesalahan. Untuk mengatasi masalah tersebut siswa dapat diberi sajian dalam bentuk gambar bergerak teks yang jelas suara maupun urutan langkah pengerjaan yang sempurna dari rekaman yang diedit berulang-ulang agar didapatkan tujuan pembelajaran yang baik dan sempurna. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan bantuan multimedia. Pengembangan media pembelajaran multimedia akan menjadi lebih baik bila dirancang dengan model pengembangan prosedural yang meliputi empat tahap yaitu (1) Tahap pendefinisian yaitu konsultasi dengan para ahli guru-guru dan siswa mekanik otomotif dan pihak lain yang dianggap perlu dalam proses pengembangan (2) Tahap desain yang meliputi persiapan media trainer pemilihan strategi dan tujuan instruksional (3) Tahap pelaksanaan pengambi-lan gambar audiovisual pengisian suara editing dan selanjutnya (4) Tahap uji coba produk. Pada tahap uji coba media dianalisis dengan rancangan diskriptif untuk memperoleh tanggapan dan penilaian dari para ahli guru dan siswa. Yang dilibatkan dalam ujicoba ini adalah 3 orang ahli isi 2 orang ahli media 5 orang guru dan 30 orang siswa. Uji coba dilakukan dalam dua tahap. Pada ujicoba tahap pertama diperlukan untuk memperoleh masukan dan kemudian produk direvisi. Pada tahap kedua ujicoba produk hasil revisi untuk memperoleh masukan lagi dari para ahli guru dan siswa. Dari hasil pengembangan ini secara umum ahli isi memberikan penilaian (86 58%) ahli media memberikan penilaian (84 37%) guru memberikan penilaian (87 22%) dan siswa memberikan penilaian (84 29%). Hal ini berarti bahwa media ini telah memenuhi syarat dalam memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan media semacam ini dapat terlaksana secara efektif efisien dan memberi motivasi kepada siswa dalam belajar. Efektifitas pembelajaran terjadi karena siswa dapat melihat berbagai bentuk data baik gambar teks suara gerak dan peragaan mengenai prosedur pelaksaan tune up sehingga memungkinkan siswa lebih menguasai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61756

Actions (login required)

View Item View Item