Pengembangan modul bubut dasar berdasarkan KTSP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging / Herianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bubut dasar berdasarkan KTSP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging / Herianto

Herianto (2009) Pengembangan modul bubut dasar berdasarkan KTSP dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging / Herianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herianto. 2009. Pengembangan Modul Bubut Dasar Berdasarkan KTSP dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 1 Pungging. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd (II) Drs. Imam Muda Nauri ST. M.T. Kata kunci pengembangan modul KTSP kualitas pembelajaran. Matadiklat Bubut Dasar adalah kelompok matadiklat produktif dengan standar kompetensi yakni melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Dalam pembelajaran matadiklat bubut dasar ditemukan beberapa masalah. Masalah-masalah tersebut adalah (1) kualitas guru/instruktur belum sesuai dengan kualifikasi (2) sumber belajar/bahan ajar belum memadai dan (3) prasarana dan sarana belum memadai. Ketiga komponen tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan matadiklat tersebut perlu segera mendapat perhatian dan pemecahan dan apabila dibiarkan akan menghambat proses pembelajaran. Hal ini akan berimplikasi pada kualitas pembelajaran yang ada di Program Keahlian Teknik Pemesinan. Masalah-masalah penting yang perlu ditangani adalah pengadaan modul pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta diklat. Oleh karena itu dipandang perlu mengembangkan modul Bubut Dasar berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Bubut Dasar berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging. Pengembangan ini penting dilakukan karena (1) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pungging khususnya pada Program Keahlian Teknik Pemesinan (2) untuk mengatasi ketidaktersediaan modul bubut dasar yang sesuai dengan KTSP SMKN 1 Pungging (3) sebagai salah satu sumber belajar yang dapat memudahkan peserta diklat dan guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan dalam rancangan pembelajaran ini adalah Model Dick and Carey. Jumlah responden dalam penelitian adalah 1 orang ahli isi matadiklat dan 1 orang ahli desain dan media pembelajaran. Sedangkan jumlah sampel dari peserta diklat sebanyak 30 anak. Penelitian ini menggunakan angket wawancara dan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif persentase. Berdasarkan penilaian ahli isi matadiklat modul termasuk dalam kriteria baik (80%) sedangkan penilaian dari ahli desain dan media pembelajaran modul berada dalam kriteria kurang baik (54 7%). Angket penilaian berdasarkan uji kelompok kecil modul termasuk dalam kriteria baik (75%) sedangkan dalam uji coba lapangan modul juga termasuk dalam kriteria baik (75 04%). Setelah melalui serangkaian uji coba menujukkan modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam matadiklat bubut dasar. Hal ini diperkuat dengan hasil penilaian angket berdasarkan uji coba lapangan berada di atas kriteria yang ditetapkan yakni di atas 71% sehingga layak digunakan. Selain itu dibuktikan dengan perolehan hasil belajar peserta diklat sebelum pembelajaran (pretes) memperoleh skor rata-rata 39 67 dan sesudah pembelajaran (postes) memperoleh skor rata-rata 75 00 ada kenaikan perolehan skor sebesar 35 33. Dengan demikian modul pembelajaran yang dihasilkan telah memberikan konstribusi yang signifikan terhadap peningkatan perolehan hasil belajar peserta diklat. Bertitik tolak dari hasil penelitian pengembangan ini maka disarankan (1) perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut pada aspek yang lebih besar dengan mengujikan keseluruhan materi yang ada dalam modul (2) modul pembelajaran bubut dasar yang sudah dikembangkan perlu diperbaiki dan disempurnakan lagi terutama dari sisi desain dan media pembelajaran. ABSTRACT Herianto. 2009. The Development of Basic Turning Machine Module Based on KTSP to Improve the Quality of Teaching-learning Proces in SMKN 1 Pungging. Thesis Vocational Education Study Program Post Graduate Program State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd (II) Drs. Imam Muda Nauri ST. M.T. Keyword development module KTSP teaching-learning quality. The subject of basic turning machine is a group of competence standardized productive subject that is doing or working on the lathe. In this subject it is found some problems. Those are (1) the instructor quality still doesn t meet the qualification (2) the lack of learning resource or material and (3) incomplete facilities (tool and equipment). Those three components are indirectly influence the quality of teaching and learning proces. Those problems that have related to a certain subject need to more paid attention and got some sollution because they can bring/cause another problem. They can effect the teaching-learning quality in Engineering Department. One important thing that should be handled is providing the teaching-learning module that suit to the characteristic of each department in each school and the trainees need. Therefore it is important to develop the basic turning machine module based on KTSP to improve the quality of teaching-learning proces in SMKN 1 Pungging. The purpose of the developing experiment is to develop the basic turning machine module based on KTSP to improve the quality of teaching-learning proces in SMKN 1 Pungging. This development has an essential roles such us (1) increasing the learning quality in SMKN 1 Pungging especially in technical engineering program (2) execeding the unavailabled basic turning machine modul that is based on the curriculum of KTSP in SMKN 1 Pungging and (3) as the learning source it enables the trainee and the instructor in the teaching-learning proces. The method of the developing experiment in this teaching-learning project is Dick and Carey model. The number of respondents in this study is one instructor expert one design specialist and the teaching-learning media. While the number of the sample from the trainee are thirty students. This study is using list interviewing and test as the instrument of the data collection. The data analysing is done by using descriptive statistic technique. Based on the instuctor expert estimation the module is included in the criteria of good (80%) while the design specialist the module is in the rate of less (54 7%). The estimation list based on the group test it belongs to good criteria (75%) and in the trial test it belongs to good criteria (75 04%) By having several training phases we can see the developing process that the module is reliable used. In the basid turning machine subject we can also know from the questionaire that it has criterias more than 71% so the module is reliable used for the subject. Beside it is proven that the result of the trainee is significantly showed. Before the pre-test of learning process they get 39 67 average and after the teaching-learning proces and by throughing the post-test they get 75 00 average. There is an improvement result in this process. So the teaching-learning module has significantly contributed towards the improving score of the trainee on the students. By having the result it is suggested that (1) the module should be developed more in the wider aspects by testing all the materials there (2) the basic turning machine module that has been developed needs to be fixed particulary in the design side.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61752

Actions (login required)

View Item View Item