Kontribusi tes unjuk kerja buatan industri dan guru terhadap hasil uji kopetensi nasional siswa program keahlian TMO tahun 2007/2008 pada SMK se-kota Mojokerto / Djarwo Baskoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi tes unjuk kerja buatan industri dan guru terhadap hasil uji kopetensi nasional siswa program keahlian TMO tahun 2007/2008 pada SMK se-kota Mojokerto / Djarwo Baskoro

Baskoro, Djarwo (2009) Kontribusi tes unjuk kerja buatan industri dan guru terhadap hasil uji kopetensi nasional siswa program keahlian TMO tahun 2007/2008 pada SMK se-kota Mojokerto / Djarwo Baskoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu karakteristik tamatan SMK adalah harus memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu dapat mengembangkan dirinya di dunia kerja dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik. Untuk itu salah satu substansinya yakni isi kurikulum SMK dipilih dan dikemas dengan pendekatan berbasis kompetensi (competence-based curriculum). Berdasarkan karakteristik SMK tersebut dibutuhkan tes yang juga dapat mengukur sampai sejauh mana kompetensi yang diajarkan di sekolah sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri. Tujuan penelitian untuk mengungkap dan mengetahui (1) hasil tes unjuk kerja buatan industri (2) hasil tes unjuk kerja buatan guru (3) hasil uji kompetensi nasional siswa (4) kontribusi tes unjuk kerja buatan industri terhadap hasil uji kompetensi nasional siswa (5) kontribusi tes unjuk kerja buatan guru terhadap hasil uji kompetensi nasional siswa dan (6) kontribusi tes unjuk kerja buatan industri dan guru terhadap hasil uji kompetensi nasional siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan populasi 404 siswa kelas 3 SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di Kota Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 196 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif korelasi parsial dan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkap (1) hasil tes unjuk kerja buatan industri tergolong cukup (28 57%) (2) hasil tes unjuk kerja buatan guru tergolong cukup (33 67%) (3) hasil uji kompetensi nasional siswa tergolong cukup (32 65%) (4) ada kontribusi tes unjuk kerja buatan industri terhadap hasil uji kompetensi nasional (r(x1.y)2 0 261) (5) ada kontribusi tes unjuk kerja buatan guru terhadap hasil uji kompetensi nasional (r(x2.y)2 0 164) dan (6) ada kontribusi tes unjuk kerja buat-an industri dan buatan guru secara bersama-sama terhadap hasil uji kompetensi nasional (r(x1.x2.y)2 0 533). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) agar pihak sekolah menjalin kerjasama lebih erat dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) sehingga hasil tes unjuk kerja buatan industri dapat ditiingkatkan (2) agar guru terus meningkatkan kualitas pembelajaran supaya hasil tes unjuk kerja buatan guru dapat meningkat (3) agar siswa meningkatkan kuantitas dan kualitas belajar agar hasil uji kompetensi nasional bisa ditingkatkan dan (4) agar pihak Dinas Pendidikan mengambil kebijakan yang mendukung dan terkait dengan kerja sama antara SMK dan DU/DI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61750

Actions (login required)

View Item View Item