Anwar, Khoirul (2009) Pengaruh media pembelajaran dua dimensi, tiga dimensi dan bakat mekanik terhadap hasil belajar sistem pengapian motor bensin di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto / Khoirul Anwar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap bakat atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Dua Dimensi Tiga Dimesi dan Bakat Mekanik Terhadap Hasil Belajar Sistem Pengapian Sistem Pengapian Motor Bensin Di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Ada 3 hal yang dieksperimenkan yaitu (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem pengapian motor bensin antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran dua dimensi dan tiga dimensi (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem pengapian motor bensin antara kelompok peserta didik yang mempunyai bakat mekanik rendah bakat mekanik sedang dan bakat mekanik tinggi (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan bakat mekanik yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sistem pengapian motor bensin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem pengapian motor bensin. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem pengapian motor bensin antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran dua dimensi dan media pembelajaran tiga dimensi (2) terdapat perbedaan hasil belajar sistem pengapian motor bensin antara kelompok peserta didik berbakat mekanik rendah berbakat mekanik sedang dan berbakat mekanik tinggi (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan bakat mekanik yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem pengapian motor bensin. Berdasarkan hal tersebut guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada peserta didik SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61746 |
Actions (login required)
View Item |