Pengaruh penggunaan media multisimulasi dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep elektronika digital siswa kelas I program keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Blitar / Imam Machfud - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media multisimulasi dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep elektronika digital siswa kelas I program keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Blitar / Imam Machfud

Machfud, Imam (2009) Pengaruh penggunaan media multisimulasi dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep elektronika digital siswa kelas I program keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Blitar / Imam Machfud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Machfud Imam.2008. Pengaruh Penggunaan Media Multisimulasi dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Konsep Elektronika Digital Kelas I Program Keahlian Elektronika Industri Di SMK Negeri 1 Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Ir. Syaad Padmanthara M.Pd. (2) Drs. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata-kata kunci media multisimulasi sikap siswa hasil belajar Proses pendidikan yang berkualitas mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar melalui stimulasi sikap belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik menyenangkan dan memudahkan siswa memahami substansi mata pelajaran. Mengingat bahwa media pembelajaran dan sikap belajar siswa merupakan bagian dari dimensi untuk mencapai hasil belajar siswa diperlukan strategi pengembangan media mata diklat dasar elektronika digital dan komputer sehingga menarik dan menumbuhkan stimulan sikap belajar siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menguji 1) perbedaan hasil belajar konsep elektronika digital pada mata diklat dasar elektronika digital dan komputer antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media multisimulasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media presentasi 2) perbedaan hasil belajar konsep elektronika digital pada mata diklat elektronika digital antara siswa yang memiliki sikap tinggi dengan siswa yang memiliki sikap rendah dan 3) interaksi penggunaan media dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep elektronika digital pada mata diklat elektronika digital dan komputer. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2x2. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan kuisener sikap belajar siswa yang telah melalui pengujian validitas dan relaibilitas. Instrumen evaluasi hasil belajar dan kuisener sikap belajar siswa diberikan kepada kelompok eksperimen media multisimulasi dan kelompok kontrol media presentasi masing-masing 30 orang siswa SMK Negeri 1 Blitar. Hasil Penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar konsep elektronika digital dengan probabilitas signifikansi (p) sebesar 0 000 antara kelompok siswa yang belajar melalui media multisimulasi dengan kelompok yang menggunakan media presentasi dimana kelompok dengan media multisimulasi hasilnya lebih baik dibanding dengan kelompok dengan media presentasi (2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar konsep elektronika digital dengan probabilitas signifikansi (p) sebesar 0 020 antara kelompok siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki sikap belajar rendah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelompok siswa yang mempunyai sikap tinggi hasilnya lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai sikap rendah (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan media dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep elektronika digital dengan probabilitas signifikansi (p) sebesar 0 504. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada (1) guru dan pengelola SMK Negeri 1 Blitar agar mengembangkan dan menggunakan media multisimulasi dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan (2) guru dan pengelola SMK Negeri 1 Blitar agar menggunakan media pembelajaran terutama desain media multisimulasi yang mampu menumbuhkan sikap belajar siswa sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan (3) guru sekolah dan praktisi pendidikan yang terkait untuk melakukan kajian dan penelitian lanjutan pada cakupan populasi yang lebih luas mengenai penggunaan media pembelajaran dan aspek lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga dihasilkan rekomendasi strategi pengembangan media pembelajaran yang lebih komprehensif khususnya bagi SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61744

Actions (login required)

View Item View Item