Meningkatkan pemehaman dan keterampilan menggambar teknik mesin dengan metode pemodelan di SMK Karta Dharma 1 Trenggalek / Teguh Abdullah Taufan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pemehaman dan keterampilan menggambar teknik mesin dengan metode pemodelan di SMK Karta Dharma 1 Trenggalek / Teguh Abdullah Taufan

Taufan, Teguh Abdullah (2009) Meningkatkan pemehaman dan keterampilan menggambar teknik mesin dengan metode pemodelan di SMK Karta Dharma 1 Trenggalek / Teguh Abdullah Taufan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufan Teguh Abdullah. 2008. Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Menggambar Teknik Mesin dengan Metode Pemodelan di SMK Karya Dharma 1 Trenggalek. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd. (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata kunci pemahaman keterampilan gambar teknik mesin metode pemodelan Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan memahami bentuk benda yang akan digambar terlebih terhadap benda berongga yang perlu pemotongan. Kesulitan membayangkan bentuk benda tersebut berdampak pada kemampuan dan keterampilan menggambar terutama gambar pandangan dan potongan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata tiga tahun terakhir yakni 6 30 6 56 dan 6 48 dimana nilai tersebut masih dibawah kriteria Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang disyaratkan yaitu 7 00. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch) yang mengangkat pokok masalah yaitu bagaimana cara meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggambar pandangan dan potongan agar hasil belajar meng-gambar teknik mesin meningkat. Solusi yang dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang ber-sifat PAKEM (pembelajaran yang aktif kreatif efisien dan menyenangkan) dengan cara pemodelan yaitu membuat bentuk benda seperti wujud asli yang ditampilkan secara visual melalui layar LCD proyektor melalui program Mechanical Desktop (MD) dan atau Inventor. Rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan secara bersiklus masing-masing siklus terbagi atas tiga kali pertemuan dua kali pertemuan untuk pemberian tindakan (proses pembelajaran) dan satu kali pertemuan untuk tes. Macam tes yang diberikan berupa tes teori dan tes praktik. Subjek penelitian adalah siswa kelas II program keahlian Teknik Pemesinan SMK Karya Dharma 1 Trenggalek tahun pelajaran 2007/2008 sejumlah 21 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket lembar observasi dan soal tes. Semua instrumen dibuat sendiri oleh peneliti. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru. Data hasil belajar diambil dari hasil tes teori dan produk menggambar pandangan dan potongan sebagai hasil dari tes praktik. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif (persentase) sedangkan data hasil observasi terhadap pemberian tindakan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dilihat dari indikator berupa peningkatan pemahaman pada materi gambar pandangan dan potongan adanya peningkatan keterampilan menggambar serta peningkatan hasil belajar (kompetensi) dengan mengukur perubahan kemampuan pada tiga aspek yaitu sikap (efektif) pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor). Indikator keberhasilan tindakan yang digunakan ditentukan dari persentase perolehan nilai ketuntasan minimal yaitu 7 00 (lulus cukup) dimana ditentukan bahwa 75% siswa lulus pada siklus I 80% siswa lulus pada siklus II dan 90% siswa lulus pada siklus III. Indikator keberhasilan tiap-tiap siklus dibuat tidak sama dengan alasan kompetensi yang diajarkan pada siklus I mempengaruhi dan men-dukung keberhasilan pada kompetensi siklus berikutnya. Temuan penelitian ini menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Siklus I nilainya 73 13 siklus II menjadi 75 96 dan siklus III meningkat sampai 80 06. Dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang lulus (minimal nilai 7 00) pada tiap-tiap siklus juga mengalami peningkatan. Pada siklus I yang lulus (kompeten) hanya 66 67% (kurang) siklus II menjadi 76 19% (baik/minimal) dan siklus III meningkat sampai 90 48% (baik sekali/optimal). Hal ini meyakinkan bahwa pembelajaran dengan metode pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa metode pemodelan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggambar pan-dangan dan potongan sehingga hasil belajar dapat menunjukkan kriteria ketuntasan sampai 90%. Artinya materi yang diberikan dengan cara memodelkan bentuk benda dapat dikuasai dengan baik sekali (optimal). Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemodelan bentuk benda melalui program Inventor lebih mudah dipahami bentuk gambarnya dari pada pemodelan melalui Mechanical Desktop karena pemodelan melalui Inventor pada setiap permukaan benda dapat dibuat warna yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan diantaranya untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggambar pandangan dan potongan dan untuk proses pembelajaran menggambar teknik mesin pada kelas II dengan mengacu pada skenario pembelajaran yang ada. Rekomendasi yang diajukan atas hasil penelitian ini bahwa guru-guru SMK (terutama yang mengajar mata pelajaran menggambar teknik mesin) perlu belajar program Mechanical Desktop (MD) dan Inventor agar dapat membuat pemodelan bentuk benda sehingga dapat diaplikasikan untuk pembelajaran menggambar teknik mesin. Kepada Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kepen-didikan melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) diharap segera menyelenggarakan diklat/training bagi guru-guru SMK agar dapat meningkatkan keterampilan dalam pengoperasikan program Mechanical Desktop (MD) maupun Inventor guna dapat membuat pemodelan bentuk benda untuk pembelajaran menggambar teknik di sekolah kejuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61743

Actions (login required)

View Item View Item