Penerapan norma keselamatan dan kesehatan kerja pada sekolah menengah kejuruan bidang keahlian teknik ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo / Eko Budi Agus Priatna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan norma keselamatan dan kesehatan kerja pada sekolah menengah kejuruan bidang keahlian teknik ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo / Eko Budi Agus Priatna

Eko Budi Agus Priatna (2009) Penerapan norma keselamatan dan kesehatan kerja pada sekolah menengah kejuruan bidang keahlian teknik ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo / Eko Budi Agus Priatna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan pembangunan industri di Indonesia saat ini ternyata tidak diikuti dengan peningkatan kemampuan tenaga kerja dalam mena ngani perkerjaannya secara aman dan sehat. Angka kecelakaan kerja di Indo nesia masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara lainnya. Beberapa faktor penyebabnya antara lain berkaitan dengan perilaku pekerja yang tidak mampu be kerja secara aman dan sehat serta rendahnya kesadaran para pekerja untuk meng gunakan alat keselamatan kerja. Berkaitan dengan kondisi keselamatan kerja yang ada di dunia indutri secara tidak langsung berkaitan dengan pelaksanaan pendi dikan dan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja di Sekolah Menengah Keju ruan (SMK) karena dunia industri merupakan salah satu dari lingkungan belajar siswa SMK. Peneilitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja pada sekolah menengah kejuruan bidang keahli an teknik ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo. Ada 8 hal yang dides kripsikan sehubungan dengan penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja yaitu (1) tingkat pengetahuan siswa tentang keselamatan dan kesehatan kerja (2) tingkat pengetahuan guru tentang keselamatan dan kesehatan kerja (3) tingakat persepsi siswa terhadap penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja (4) kelengkapan sarana keselamatan dan kesehatan kerja yang digunakan di SMK (5) penerapan norma-norma keselamatan kerja dalam proses pembelajaran di SMK (6)perbedaan tingkat pengetahuan siswa tentang kesela matan dan kesehatan kerja di SMK Negeri dengan SMK Swasta (7) perbedaan persepsi siswa ter hadap penerapan norma-norma keselamatan kerja di SMK Negeri dengan SMK Swasta (8)perbedaan antara penerapan norma-norma keselamatan kerja pada proses pembelajaran di SMK Negeri dengan penerapan norma-norma kesela matan kerja pada proses pembelajaran di SMK Swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada sampel menggunakan instrumen tes angket dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan analisis uji beda t-test polled varians. Berdasarkan tujuan penelitian dengan lingkup siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Se-Kabupa ten Sidoarjo menghasilkan temuan sebagai berikut (1) pengetahuan keselamatan dan ke sehatan kerja siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kabupa ten Sidoarjo secara umum termasuk dalam kategori cukup (2) tingkat pengeta huan keselamatan kerja guru pembimbing praktek SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo secara umum termasuk dalam kategori baik (3) tingkat persepsi siswa terhadap penerapan norma-norma keselamatan dan kese-hatan kerja pada SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Ka bu paten Si doarjo secara umum termasuk dalam kategori cukup (4) kelengkap an sarana keselamatan dan kesehatan kerja pada SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo berkatagori baik (5) penerapan norma -norma keselamatan kerja dalam proses pembelajaran pada SMK Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kabupaten Sidoarjo berkategori baik (6) terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja antara siswa Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri dengan siswa Bidang Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Swasta di Kabu paten Sidoarjo dengan nilai t 4 336 dan signifikansi 0 000 (7) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat persepsi siswa ter hadap penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja dalam proses pembelajaran pada siswa Bidang Keahlian Teknik Ketena galistrikan SMK Negeri dengan siswa Bidang Ke ahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Swasta di Kabupaten Sidoarjo dengan nilai t 1 122 dengan signifikansi 0 264 (8) tidak terdapat perbedaan yang signi fikan dalam penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja pada proses pem-belajaran di SMK Negeri dengan penerapan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja pada proses pem belajaran di SMK Swasta di Kabupaten Sidoarjo. Hasil analisis menunjukkan nilai t 1.170 dengan signifikansi 0 326. Dari temuan yang diperoleh melalui penelitian ini direkomendasi kan be berapa hal antara lain (1) perlu adanya perhatian yang sungguh-sungguh dari pengelola SMK untuk meningkatkan kualifikasi pengetahuan dan persepsi siswa terhadap keselamatan kerja (2) norma-norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus ditanamkan pada perilaku siswa melalui pembiasaan dan pemberian contoh bekerja secara aman sesuai prosedur standar keselamatan kerja (3) keleng kapan sarana keselamatan kerja yang dimiliki oleh setiap sekolah dapat dijadikan sebagai unsur dalam penilaian akredi tasi dari sekolah (4) setiap terjadinya kecela kaan kerja di sekolah harus dibuat suatu laporan agar sistem keselamatan kerja yang diterapkan dapat dievalusi dan dilakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61740

Actions (login required)

View Item View Item