Kaitan literasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan motivasi belajar dengan kompetensi bidang keterampilan komputer dan pengelolaan informasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Mojokerto / Iskandar - Repositori Universitas Negeri Malang

Kaitan literasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan motivasi belajar dengan kompetensi bidang keterampilan komputer dan pengelolaan informasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Mojokerto / Iskandar

Iskandar (2009) Kaitan literasi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan motivasi belajar dengan kompetensi bidang keterampilan komputer dan pengelolaan informasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Mojokerto / Iskandar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi begitu cepat oleh karena itu dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Salah satunya adalah memasukkan mata diklat KKPI pada kurikulum SMK tahun 2004. Untuk mencapai kompetensi KKPI diperlukan literasi teknologi informasi dan komunikasi dan motivasi belajar. Tujuan penelitian untuk mengungkap (1) informasi tentang literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa SMK (X1) (2) motivasi belajar siswa (X2) (3) tingkat pencapaian kompetensi yang dimiliki oleh siswa pada mata diklat KKPI (4) keterkaitan antara literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa SMK terhadap kompetensi siswa SMK pada mata diklat KKPI (5) mengetahui keterkaitan antara motivasi belajar terhadap kompetensi siswa SMK pada mata diklat KKPI dan (6) keterkaitan antara literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa SMK dan motivasi belajar terhadap kompetensi siswa SMK pada mata diklat KKPI. Responden penelitian adalah siswa SMK Negeri di Kabupaten Mojokerto Program Keahlian Teknik Mesin semester 1 tahun pelajaran 2006/2007. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif korelasi Product Moment dan regresi linear ganda. Hasil penelitian berhasil mengungkap (1) literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa berada pada kategori sedang yaitu 53 9 % motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 85 39 % dan kompetensi siswa berada pada kategori tinggi yaitu 83 11 % (2) analisis korelasi menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil sebagai berikut antara X1 dengan Y(r 0 472) antara X2 dengan Y (r 0 614) dan (3) analisis regresi linear ganda menunjukan hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara bersama dengan Y dengan nilai regresi 0 761. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1)hasil-hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bahwa betapa pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar (2)dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa sehingga kompetensi siswa dapat meninggkat pula dan (3) bahwa sudah saatnya untuk mendukung kebijakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dikembangkan oleh pemerintah pusat baik melalui program ICT center maupun jardiknas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61738

Actions (login required)

View Item View Item