Pengaruh sistem training berbantuan komputer terhadap perolehan pengetahuan, pembelajaran individu, dan motivasi belajar siswa pada mata diklat mengelas dengan proses las busur metal manual / Achmad Chairuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem training berbantuan komputer terhadap perolehan pengetahuan, pembelajaran individu, dan motivasi belajar siswa pada mata diklat mengelas dengan proses las busur metal manual / Achmad Chairuddin

Achmad Chairuddin (2010) Pengaruh sistem training berbantuan komputer terhadap perolehan pengetahuan, pembelajaran individu, dan motivasi belajar siswa pada mata diklat mengelas dengan proses las busur metal manual / Achmad Chairuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa pada mata diklat Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual belum tersedia sumber belajar selain buku teks. Bahan pembelajaran tidak dapat menvisualisasikan unjuk kerja yang seharusnya dipahami siswa. Pada proses pembelajaran guru tidak menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran remidi pengayaan sehingga kurang menarik dan interaktif. Guru belum memanfaatkan komputer sebagai media alternatif pelatihan. Atas dasar hal-hal tersebut perlu segera dikembangkan suatu bahan training berbantuan komputer dan dilakukan penelitian terhadapnya. Dalam penelitian ini bertujuan 1) untuk memperoleh informasi tentang perolehan pengetahuan mata diklat Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual Sistem dengan Training Berbantuan Komputer pada siswa SMK 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran individu pada mata diklat Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual dengan Sistem Training Berbantuan Komputer terhadap pada siswa SMK 3) untuk mengetahui pengaruh Sistem Training Berbantuan Komputer terhadap motivasi belajar pada mata diklat Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual pada siswa SMK. Model awal pembelajaran Dick Carey dijadikan dasar pengembangan bahan pembelajaran training berbantuan komputer pada kompetensi Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual pada program keahlian Teknik Las. Rancangan penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas 1 SMK PGRI 3 Malang tahun pelajaran 2006/ 2007 jumlah siswa adalah sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah 1) Bahan ajar berbantuan komputer dan modul cetak 2) Tes Kognitif 3) Angket. Prosedur pengumpulan data meliputi 1) tahapan persiapan 2) pelaksanaan dan analisis data. Hasil Penelitan menunjukkan terdapat perbedaan prestasi dengan nilai mean pembelajaran menggunakan modul berbanding komputer 6 9217 7 8875 dengan standar deviasi berbanding 0 55557 0 73916 nilai minimum berbanding 5 27 6 5 dan nilai maksimum berbanding 8 33 9 50. Penyebaran data secara umum adalah membentuk kurva normal nilai mean pembelajaran individu menggunakan modul berbanding komputer 9 9167 15 2500 dengan standar deviasi berbanding 1 47196 1 35935 nilai minimum berbanding 7 13 dan nilai maksimum berbanding 13 19 pada motivasi belajar nilai mean pembelajaran menggunakan modul berbanding komputer 10 9583 16 0833 dengan standar deviasi berbanding 1 23285 1 76725 nilai minimum berbanding 9 13 dan nilai maksimum berbanding 13 19. Dan disimpulkan terdapat pengaruh Sistem Training Berbantuan Komputer terhadap perolehan pengetahuan pembelajaran individu dan motivasi belajar siswa pada mata diklat Mengelas dengan Proses Las Busur Metal Manual pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Mesin SMK PGRI 3 Malang. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis memberikan saran-saran sebagai berikut 1) Sistem Training Berbantuan Komputer dapat digunakan sebagai sistem pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa dalam aspek pengetahuan pembelajaran individu dan motivasi belajar 2) kepada SMK Sistem Training Berbantuan Komputer dapat digunakan sebagai rujukan dalam kegiatan training dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan di SMK untuk meningkatkan hasil belajar siswa 3) kepada guru Sistem Training Berbantuan Komputer dapat digunakan untuk menerapkan strategi belajar individu sehingga dominasi pola pembelajaran guru sentris dapat dikurangi dan guru akan menjadi fasilitator bagi siswa oleh karena bahan ajar elektronik sebagai salah satu cara menerapkan pembelajaran individu dan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif 4) Training Berbantuan komputer memungkinkan untuk lebih berkreasi bagi guru dalam pembelajarannya guna meningkatkkan motivasi belajar sebab komputer dapat memvisualisasikan konsep abstrak memusatkan perhatian pada materi yang dipelajari dan membiasakan siswa melakukan akses menggunakan komputer yang lebih sering. A field observation shows that an instructional source is not available for the except textbooks. The instructional material fails to visualize the work demonstration (unjuk kerja) the students are supposed to understand. In the teaching-learning learning process the teacher does not inform the instructional objectives remedy enrichment making it uninteresting and not interactive. The teacher has not made use of a computer as an alternative instructional media. For those reasons it is very important to soon develop computer-helped training material and to conduct a research on it. This study aims at 1) getting information about the knowledge acquirement of vocational school students on the subject of Manual System Shielded Metal Arc Welding with computer-helped training 2) knowing the individual learning process of vocational school students on the subject of Manual Shielded Metal Arc Welding with computer-helped training system 3) knowing the effect of computer-helped training system on the learning motivation of vocational school students on the subject of Manual System Shielded Metal Arc Welding. The early instructional model of Dick and Carey is taken as the basis for developing a computer-helped instructional material on the competence of welding with SMAW at the Welding Technique Skill Program. The research design of this study is quasi experiment. The subjects of the research are the first year students of SMK PGRI 3 of Malang in the 2006/2007 academic year. They are 24 in number. The instruments used in this study are 1) computer-helped teaching material and a printed module 2) cognitive test 3) questionnaire. The procedure of data collection includes 1) preparation stage 2) implementation and data analysis. The result of the tryout shows that there is different achievement in learning using module compared to the one using computer. The following is the ratio. Mean score 6.9217 7.8875 standard deviation 0.55557 0.73916 minimum score 5.27 6.5 and maximum score 8.33 9.50. The data distribution generally shapes normal curve. For the individual learning the ratio is as follows. Mean score 9.9167 15.25000 standard deviation 1.47196 1.35935 minimum score 13 19 and maximum score 13 19. For the learning motivation the ration is as follows. Mean score 10.9583 16.0833 standard deviation 1.23285 1.76725 minimum score 9 13 and maximum score 13 19. it is concluded that there is effect of computer-helped training system on the knowledge acquirement individual learning and learning motivation of the first year students of Machine Engineering Skill Program of SMK PGRI 3 Malang on the subject of Manual Shielded Metal Arc Welding Based on the above conclusion the researcher gives the following suggestions 1) computer-helped training system can be used as a learning system to improve the students achievement in the aspects of knowledge acquirement individual learning and learning motivation 2) to SMK computer-helped training system can be used as a reference on the training activity and to create enjoyable learning environment to improve the students achievement 3) to the teachers computer-helped training system can be used to apply individual learning strategy so that the dominance of teacher-centered teaching pattern can be decreased and the teacher will be the facilitator of the students because electronic teaching material is one way to apply individual learning and it can be used as an alternative teaching material 4) computer-helped training enable the teachers to be more creative in their teaching to improve the students learning motivation because computer can visualize abstract concepts focus on the material learnt and make the students accustomed to access computer more often.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61736

Actions (login required)

View Item View Item