Keberadaan infrastruktur, persepsi guru dan siswa terhadap manfaat internet sebagai media pembelajaran di SMK Kota Batu / Ratna Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keberadaan infrastruktur, persepsi guru dan siswa terhadap manfaat internet sebagai media pembelajaran di SMK Kota Batu / Ratna Pratiwi

Ratna Pratiwi (2009) Keberadaan infrastruktur, persepsi guru dan siswa terhadap manfaat internet sebagai media pembelajaran di SMK Kota Batu / Ratna Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pendidikan tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kebutuhan untuk menanamkan pentingnya belajar sepanjang hayat (lifelong learning) yaitu terus menerus mencari informasi baru berpikir kritis dan berinisiatif tinggi menjadi tekanan dalam dunia yang berkembang pesat ini. Saat ini teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology ICT). ICT merupakan kunci keberhasilan suatu negara. Persaingan yang semakin global membuat setiap negara harus menguasai ICT agar tidak tertinggal dengan negara lain. Dalam dunia pendidikan ICT mempunyai potensi sebagai sarana penyebaran ilmu pengetahuan pembelajaran yang efektif dan layanan pendidikan secara lebih efisien. Internet sebagai bagian dari ICT merupakan jaringan global yang dapat menghubungkan masyarakat di seluruh dunia. Secara umum internet bisa diman-faatkan sebagai alat komunikasi sarana mengakses informasi dan media pembela-jaran Sifat internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun dapat diman-faatkan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang wilayahnya sangat luas dan penduduknya tersebar di berbagai pulau. Selain itu informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya informasi yang muncul di suatu tempat bisa diketahui saat itu juga di tempat lain. Fasilitas-fasilitas internet seperti browsing chatting dan e-mail juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran antara guru dan siswa di sekolah. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berhubungan erat dengan dunia industri internet dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi antara sekolah dan industri demikian juga para siswa yang melaksanakan praktik di industri tetap bisa melakukan proses pembelajaran melalui internet. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketersediaan infrastruktur internet yang ada di sekolah sebagai bahan masukan dalam pengembangan ICT Center di Kota Batu sebagai program dari Direktorat Pembinaan SMK. Sedangkan persepsi guru dan siswa tentang manfaat internet sebagai media pembelajaran di sekolah diperlukan agar pemanfaatan internet di sekolah nantinya dapat lebih optimal. Untuk meneliti hal tersebut maka disusunlah rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana infrastruktur internet yang ada di SMK di Kota Batu (2) Bagaimana persepsi guru SMK Kota Batu terhadap manfaat internet sebagai media pembelajaran dan (3) Bagaimana persepsi siswa SMK Kota Batu terhadap manfaat internet sebagai media pembelajaran Sedangkan rancangan penelitian bersifat deskriptif dengan berlokasi di 4 SMK dari 10 SMK yang ada. Dari 4 SMK diambil 42 orang guru dan 288 siswa sebagai sampel yang diambil secara acak (cluster random sampling). Penelitian dilakukan dengan mengadakan observasi dan wawancara tentang infrastruktur serta angket tentang persepsi guru dan siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa di semua SMK telah terdapat infrastruktur internet berupa laboratorium komputer dengan spesifikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Kecuali SMK pertanian SMK lain juga telah dilengkapi dengan modem namun pemakaiannya sangat terbatas mengingat mahalnya biaya akses. Untuk itulah seluruh SMK menyambut baik adanya ICT Center di Kota Batu. Sementara itu dari angket yang disebarkan kepada guru dan siswa terdapat 33 33% guru yang sering mengakses internet 57 14% yang mengenal internet namun jarang mengakses sisanya sebanyak 9 52% belum mengenal internet. Sementara dari pihak siswa masih ada 19 44% yang belum mengenal internet sedangkan yang lain telah mengenal dan bahkan 25 69% sering mengaksesnya. Sedangkan mengenai persepsi mereka tentang manfaat internet terdapat 96 91% guru dan 61 63% siswa yang menyetujui perlunya siswa lebih mandiri dalam belajar 92 86% guru dan 95 83% siswa yang mendukung adanya internet sebagai sumber informasi di sekolah. Selain itu sekitar 80% guru dan siswa juga mengakui bahwa informasi yang didapat di internet cepat dan up-to-date 70% yang menganggap internet sebagai sumber informasi yang lengkap serta 80% siswa dan 90% guru yang berpendapat bahwa kegiatan mencari informasi di internet dapat mengembangkan keterampilan mensintesis siswa. Menyangkut internet sebagai media komunikasi sekitar 80% guru dan siswa sependapat bahwa berkomunikasi dengan internet dapat membantu mengembangkan keterampilan menulis siswa serta dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi saat siswa PSG dalam hal penyampaian materi pelajaran maupun masalah PSG. Terdapat sekitar 70% guru dan siswa yang menganggap internet sebagai media yang murah dan 80% yang setuju bahwa internet adalah media pembelajaran yang modern menarik menyenangkan dan efektif. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disarankan kepada Dinas Pendi-dikan Kota Batu untuk membuat kebijakan mengenai infrastruktur internet di SMK seperti memfasilitasi pengadaan komputer murah dengan spesifikasi memadai serta mengadakan pelatihan internet bagi para guru yang belum memahami internet dan insentif bagi guru yang berhasil membuat materi pembelajaran melalui internet. Pihak sekolah juga hendaknya dapat memotivasi para guru dan siswa terutama yang belum mempunyai persepsi positif dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran dengan membuat kurikulum sekolah dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemanfaatan internet sebagai media pembe lajaran di sekolah secara optimal. Sedangkan bagi guru dan siswa yang telah mempunyai persepsi positif hendaknya dapat menjadi pelopor pemanfaatan internet di sekolahnya. Selain itu di masa mendatang perlu ada penelitian lebih lanjut tentang evaluasi peman faatan ICT Center dalam pembelajaran di SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61735

Actions (login required)

View Item View Item