Pengaruh penggunaan media animasi, media gambar statis, kovariat kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil / Edi Hananto Eko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media animasi, media gambar statis, kovariat kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil / Edi Hananto Eko

Edi Hananto Eko (2009) Pengaruh penggunaan media animasi, media gambar statis, kovariat kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil / Edi Hananto Eko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran adalah penting untuk meningkatkan kecakap-an vokasional kelistrikan bodi mobil yang dimiliki oleh lulusan. Salah satu upaya pen-ting untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah melalui upaya inovatif di bidang media pembelajaran. Tingkat efektifitas penggunaan media pembelajaran sangat ter-gantung pada derajat kesesuaian dengan bahan ajar atau materi diklatnya. Salah satu media yang menarik saat ini untuk diterapkan dalam pembelajaran materi diklat kelis-trikan bodi mobil adalah media animasi dalam kegiatan ceramah yang dilakukan guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sifat hubungan kemampu-an awal terhadap kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil yang diperoleh siswa (2) untuk mengetahui sifat hubungan motivasi berprestasi terhadap kecakapan vokasi-onal kelistrikan bodi mobil yang diperoleh siswa (3) untuk mengetahui apakah terda-pat perbedaan kemampuan awal siswa peserta pembelajaran dengan menggunakan media animasi dibandingkan dengan siswa peserta pembelajaran dengan mengguna-kan media gambar statis (4) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa peserta pembelajaran dengan menggunakan media animasi diban-dingkan dengan siswa peserta pembelajaran dengan menggunakan media gambar sta-tis dan (5) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kecakapan vokasional kelis-trikan bodi mobil yang diperoleh siswa peserta pembelajaran dengan menggunakan media animasi bila dibandingkan dengan siswa peserta pembelajaran yang mengguna-kan media gambar statis bila faktor kemampuan awal dan motivasi berprestasi diken-dalikan sama. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Setelah dilakukan random kelompok didapatkan kelas II Program Studi Mekanik Otomotif SMKN1 Su-korejo sebagai kelompok eksperimen dan kelas II A Progran Studi Mekanik Otomotif SMKN 1 Tutur sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk menjaring data motivasi berprestasi sedangkan tes digu-nakan untuk menjaring data kemampuan awal dan kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil. Tes kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil terdiri dari tes teori dan praktek. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif meliputi perhitungan prosen-tase dan rerata yang kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment uji-t dan analisis kovarian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan kecakapan vokasional kelistrik-an bodi mobil dan ditemukan koefisien determinasi sebesar 0 2631 (2) terdapat hu-bungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kecakapan vokasio-nal kelistrikan bodi mobil dan ditemukan koefisien determinasi sebesar 0 2601 (3) tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hal kemampuan awal antara kelompok pe-serta pembelajaran dengan menggunakan media animasi dan kelompok peserta pem-belajaran dengan menggunakan media gambar statis (4) terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara kelompok peserta pembelajaran dengan mengguna-kan media animasi dan kelompok peserta pembelajaran dengan menggunakan media gambar statis (5) bila faktor kemampuan awal dan motivasi berprestasi dikendalikan sama kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil yang diperoleh siswa peserta pem-belajaran dengan menggunakan media animasi menunjukkan perbedaan yang signifi-kan dibandingkan siswa peserta pembelajaran dengan menggunakan media gambar statis ditemukan bukti bahwa kecakapan vokasional kelistrikan bodi mobil siswa pe-serta pembelajaran dengan menggunakan media animasi lebih baik dibandingkan sis-wa peserta pembelajaran dengan menggunakan media gambar statis. Saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) kepada para guru dalam me-laksanakan tugas pembelajaran disarankan senantiasa mempertimbangkan perbedaan kemampuan awal siswa (2) kepada para guru Sekolah Menengah Kejuruan disaran-kan untuk terus membangkitkan motivasi berprestasi siswa agar kecakapan siswa da-pat dimaksimalkan (3) guru SMK yang mengajar mata diklat kelistrikan bodi mobil disarankan untuk menggunakan media animasi dalam proses pembelajarannya (4) pi-hak manajemen sekolah kejuruan yang memiliki Program Studi Mekanik Otomotif perlu mempertimbangkan penggunaan media animasi dengan pengadaan sarana pen-dukung seperti LCD proyektor komputer/laptop dan perangkat lunak animasi agar ca-paian siswa menjadi lebih baik dan (5) disarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan dengan memadukan antara media animasi dan media video dalam satu format yang lebih interaktif baik dalam pembelajaran mata diklat kelistrikan bodi mobil maupun dalam pembelajaran mata diklat lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61733

Actions (login required)

View Item View Item