Pelaksanaan pelatihan guru pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Sulawesi Tenggara / Mukhsadat Dahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pelatihan guru pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Sulawesi Tenggara / Mukhsadat Dahlan

Mukhsadat Dahlan (2009) Pelaksanaan pelatihan guru pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Sulawesi Tenggara / Mukhsadat Dahlan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cita-cita pendidikan nasional dewasa ini antara lain mewujudkan sumber daya pendidikan yang berkualitas salah satunya adalah guru. Karenanya dibutuh-kan stategi khusus untuk meningkatkan kualitas guru melalui pelaksanaan pelatih-an secara berkualitas pula. Berdasarkan konsep bahwa hasil belajar ditentukan oleh unsur-unsur materi metode media sarana belajar serta kualitas pendidik. Oleh karena itu unsur-unsur tersebut perlu mendapat perhatian serius dalam pola pelak-sanaan kegiatan pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap (1) relevansi materi pelatih-an di LPMP terhadap kebutuhan guru (2) penerapan metode pelatihan guru di LPMP (3) kondisi dan pemanfaatan media pelatihan guru di LPMP (4) kondisi kelayakan sarana prasarana pelatihan guru di LPMP dan (5) kompetensi Widyais-wara dalam pelatihan guru di LPMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru peserta pelatihan di LPMP Sulawesi Tenggara periode 2007. Kegiatan penelitian dilakukan dengan langkah-langkah (1) penyusunan instrumen berupa angket yang tentunya melalui tahap pengukuran validasi secara statistik sesuai dengan jenis data yang digali (2) menggali data dari sumber yaitu populasi guru dengan menggunakan angket yang telah disusun (3) melakukan tabulasi analisa data dan pemanakan hasil analisis data. Hasil penelitian mengungkap fakta (1) sebagian besar responden (55 15%) berpendapat bahwa relevansi materi pelatihan terhadap kebutuhan guru di LPMP tergolong buruk (mean 11 43) (2) pada umumnya responden (82 14%) berpendapat bahwa metode pelatihan guru di LPMP tergolong sangat baik (mean 36 06). (3) pada umumnya responden (84 20%) berpendapat bahwa kondisi dan pemanfaatan media pelatihan guru di LPMP tergolong sangat baik (mean 32 51). (4) Pada umumnya responden (82 83%) berpendapat bahwa kondisi kelayakan sarana prasarana pelatihan guru di LPMP tergolong baik (mean 15 80) dan (5) pada umumnya responden (78 02%) berpendapat bahwa kompetensi Widyaiswara di LPMP adalah sangat baik (mean 26 01). Berdasarkan hasil penelitian ini diberikan beberapa saran kepada LPMP yaitu (1) Mengembangkan materi pelatihan sehingga relevansinya terhadap kebutuhan guru menjadi lebih baik melalui program perumusan materi pelatihan (training need analysis) yang sejalan dengan kebutuhan dan ciri pendidikan. (2) Meningkatkan mutu kelayakan sarana prasarana pelatihan menjadi lebih baik sehingga terwujud lingkungan belajar/latihan yang lebih kondusif. (3) Kualitas metode media dan kompetensi Widyaiswara yang telah dicapai yang pada umumnya sangat baik perlu dipertahankan bahkan dikembangkan secara berkesinambungan sehingga terjamin kualitas pelaksanaan pelatihan periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61729

Actions (login required)

View Item View Item