Profesionalisme guru SMK Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Elektronika se-kabupaten dan Kota Mojokerto dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa / Mulyatno - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalisme guru SMK Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Elektronika se-kabupaten dan Kota Mojokerto dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa / Mulyatno

Mulyatno (2009) Profesionalisme guru SMK Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Elektronika se-kabupaten dan Kota Mojokerto dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa / Mulyatno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan menengah kejuruan khususnya SMK bidang keahlian Teknik Elektronika. Namun kenyataannya kualitas pendidikan menengah kejuruan sea-kan tak mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini terlihat dari sedikitnya lu-lusan SMK yang memiliki kompetensi seperti yang diharapkan kurangnya penga-kuan dan penghargaan serta banyaknya keluhan dari dunia usaha dan industri se-bagai pengguna tamatan SMK. Indikator lain yang menunjukkan kualitas lulusan SMK adalah prestasi belajar siswa saat masih menempuh pendidikan di sekolah. Siswa yang prestasi belajarnya tinggi ternyata memiliki kompetensi yang tinggi pula. Berdasarkan berbagai penelitian menyebutkan bahwa selain kemampuan siswa sendiri ternyata kualitas kemampuan guru merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan guru merupakan ujung tombak dalam pencapaian tujuan proses belajar mengajar (PBM). Sehingga hanya guru yang profesional yang dapat memberikan sumbangan positif dalam pencapaian tujuan pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar siswa. Profesionalisme guru atau guru yang profesional berkaitan dengan dua hal yaitu (1) Kompetensi profesional dan (2) Sikap profesional. Seorang guru yang profesional akan memiliki kompetensi dan sikap profesional yang tinggi. Untuk itu guru SMK juga harus dituntut untuk memiliki kompetensi dan sikap profesional yang tinggi agar prestasi belajar siswanya dapat meningkat dan akhirnya diperoleh lulusan SMK yang berkualitas pula. Untuk mengungkapkan profesionalisme guru dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa maka penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah kualifikasi kompetensi profesional guru SMK bidang keahlian Teknik Elektronika (2) Bagaimanakah kualifikasi sikap profesional gu-ru SMK bidang keahlian Teknik Elektronika (3) Bagaimanakah kualifikasi pres-tasi siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika (4) Adakah hubungan anta-ra kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa SMK bidang keah-lian Teknik Elektronika (5) Adakah hubungan antara sikap profesional guru de-ngan prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika (6) Ada-kah hubungan antara kompetensi dan sikap profesional guru dengan prestasi bel-ajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika (7) Apakah ada pengaruh kompetensi dan sikap profesional guru terhadap prestasi belajar siswa SMK bi-dang keahlian Teknik Elektronika dan (8) Seberapa besar sumbangan efektif masing-masing prediktor (kompetensi dan sikap profesional guru) terhadap pres-tasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional dan dilakukan pada SMK Bidang Keahlian Teknik Elektronika di Kabupaten dan Kota Mojokerto. Ada 4 sekolah dengan 68 guru dan 265 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling acak secara proporsional menurut stratifikasi (proportionate stratified random sampling). Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi untuk pengumpulan datanya. Dari hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa (1) Kompetensi profesional guru SMK bidang keahlian Teknik Elektronika tergolong tinggi (2) Sikap profesional guru SMK bidang keahlian Teknik Elektronika tergolong sedang dan (3) Prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika tergolong cukup. Sedangkan hubungan dari ketiga variabel ditemukan bahwa (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika dengan koefisien korelasi (r1) sebesar 0 384 (5) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap profesional guru dengan prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika dengan koefisien korelasi (r2) sebesar 0 358 (6) Secara bersama-sama terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi dan sikap profesional guru dengan prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0 705 (7) Kompetensi dan sikap profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika dan (8) Sumbangan efektif masing-masing prediktor terhadap prestasi belajar siswa SMK bidang keahlian Teknik Elektronika adalah sebesar 19 90% dan 18 30%. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Bagi guru kompetensi profesional yang tinggi perlu diiringi dengan peningkatan sikap profesional agar prestasi belajar siswa dapat meningkat pula (2) Bagi siswa upaya peningkatan prestasi belajar akan dapat semakin signifikan bila siswa memiliki motivasi dan kualitas belajar yang tinggi (3) Bagi pimpinan Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kota Mojokerto pengambilan kebijakan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan perlu diarahkan pada peningkatan profesionalisme guru khususnya peningkatan sikap profesionalnya misalkan melalui peningkatan kualitas MGMP mengikutsertakan guru dalam seminar pelatihan dan program-program untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi (4) Bagi pengembang ilmu pendidikan pengkajian permasalahan peningkatan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara lebih mendalam dengan melibatkan faktor-faktor latar belakang pendidikan dan sosial guru dan siswa kondisi sekolah dukungan kepala sekolah dan masyarakat DU/DI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61728

Actions (login required)

View Item View Item