Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pengelasan pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah di SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti - Kabupaten Toba Samosir / Jelarwin Dabutar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pengelasan pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah di SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti - Kabupaten Toba Samosir / Jelarwin Dabutar

Jelarwin Dabutar (2010) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pengelasan pada siswa yang berprestasi tinggi dan rendah di SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti - Kabupaten Toba Samosir / Jelarwin Dabutar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan diri-nya masyarakat bangsa dan negara (Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003). Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan yaitu sistem pembelajaran konvensional (faculty teaching) kental dengan suasana instruksional dan dirasa-kan kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan tekno-logi yang demikian pesat. Lebih dari itu kewajiban pendidikan dituntut untuk juga memasukkan nilai-nilai moral budi pekerti luhur kreatifitas kemandirian dan ke-pemimpinan yang sangat sulit dilakukan dalam sistem pembelajaran yang kon-vensional. Sistem pembelajaran konvensional kurang fleksibel dalam meng-ako modasi perkembangan materi kompetensi karena guru harus intensif me-nyesuai kan materi dengan perkembangan teknologi terbaru. Sehingga kurang bijaksana jika perkembangan teknologi jauh lebih cepat dibanding dengan ke-mampu an guru dalam menyesuaikan materi kompetensi dengan perkembangan tersebut. Dengan demikian dapat dipastikan lulusan akan kurang memiliki pe-nguasaan pengetahu an/teknologi terbaru. Ada kemungkinan rendahnya nilai kompetensi siswa disebabkan oleh stra-tegi penyampaian pelajaran kurang tepat. Dalam hal ini guru mungkin kurang atau ti dak memanfaatkan sumber belajar secara optimal yang kemungkinan sudah ada disekolah. Temuan dilapangan menunjukkan bahwa guru dalam menyampai-kan pengajaran sering mengabaikan penggunaan media padahal media itu ber-fungsi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada gilirannya akan me-ningkat kan mutu pendidikan siswa. Peranan Media dalam proses belajar mengajar menurut Gerlac dan Ely (1971 285) ada tiga keistemewaan yang dimiliki media pengajaran yaitu (1) me-dia memiliki kemampuan untuk menangkap menyimpan dan menampilkan kem-bali suatu objek atau kejadian (2) media memiliki kemampuan untuk menampil-kan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam cara disesuaikan dengan keperluan (3) dan media mempunyai kemampuan utuk menampilkan sesuatu objek atau kejadian yang mengandung makna. Begitu juga Ibrahim (1982 12) mengemukakan fungsi atau peranan me-dia dalam proses belajar mengajar antara lain (1) dapat menghindari terjadinya ver balisme (2) membangkitkan minat atau motivasi (3) menarik perhatian (4) me ngatasi keterbatasan ruang waktu dan ukuran (5) mengaktifkan siswa dalam be lajar dan (6) mengefektifkan pemberian rangsangan untuk belajar. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Apakah peng gunaan media Program Power Point memberi pengaruh terhadap perolehan hasil belajar siswa yang berprestasi tinggi kelas I SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti pada kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan (2)Apakah peng gunaan media Program Power Point memberi pengaruh terhadap perolehan hasil belajar siswa yang berprestasi rendah kelas I SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti pada kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan dan (3) Adakah Interaksi antara penggunaan media dan prestasi terhadap hasil be lajar sub kom petensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Variabel bebas adalah penggunaan media yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diajar dengan media program Power Point dan ke-lompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Rancangan penelitian menggunakan Faktorial Disain dua jalur (2x2). Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti - Kabupaten Toba Samosir yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 64 orang yang dibagi menjadi dua kelompok berprestasi tinggi dan berprestasi rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur (2x2). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Peng gunaan media Program Power Point memberi berpengaruh yang sangat signifikan terhadap perolehan hasil belajar siswa yang berprestasi tinggi kelas I SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti pada kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan (2) Peng gunaan media Program Power Point memberi pengaruh sangat signifikan terhadap perolehan hasil belajar siswa yang berprestasi rendah kelas I SMK Swasta 1 Trisakti Laguboti pada kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan dan (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara pengajaran yang menggunakan media program Power Point dan metode konvensional ter hadap perolehan belajar sub kom petensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sebagai pengajar sub kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan memperhatikan akan man faat media pembelajaran agar dapat memperjelas mempermudah menarik per hatian siswa terhdap mata dik lat kompetensi Pelaksanaan Prosedur Pengelasan sehingga hasil belajar lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61723

Actions (login required)

View Item View Item