Pengaruh hasil praktek kerja industri (Prakerin), motivasi belajar dan latar belakang keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Jurusan Listrik di Kendal / Heri Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil praktek kerja industri (Prakerin), motivasi belajar dan latar belakang keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Jurusan Listrik di Kendal / Heri Widodo

Heri Widodo (2009) Pengaruh hasil praktek kerja industri (Prakerin), motivasi belajar dan latar belakang keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Jurusan Listrik di Kendal / Heri Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program pendidikan sekolah yang dilaksanakan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka mendekatkan dunia usaha atau industri dengan dunia pendidikan disebut prakerin. Prakerin memberikan kesempatan siswa SMK untuk belajar praktek di dunia kerja yang berbeda tuntutan dan tekanan nya dengan yang di sekolah. SMK merupakan lembaga pendidikan formal untuk menyiapkan siswa memasuki dunia kerja sehingga relevansi antara pendidikan dan dunia kerja dapat terwujud. SMK akan efektif jika siswa (1) dilatih di tempat yang sesuai dengan tempat kerjanya nanti (2) diberi latihan tentang alat-alat dan hal-hal yang sesuai dengan pekerjaannya nanti (3) secara lang-sung mempunyai kebiasaan berfikir dan meniru seperti yang diharapkan da lam pe kerjaannya nanti (4) mengenal kondisi-kondisi dimana mereka akan dihadap kan kepada tuntutan dunia kerja. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi SMK disamping siswanya diberi pengalaman belajar yang banyak mengandung unsur-unsur yang identik dengan masalah kehidupan dunia kerja juga menekankan perlunya siswa mem pero leh pengalaman langsung di dunia industri atau dunia kerja agar mereka menge nal kondisi-kondisi dimana mereka akan dihadapkan pada tuntutan dunia kerja. Belajar dengan terjun langsung ke dunia kerja menguntungkan sebab siswa dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh di sekolah siswa juga memperoleh tambahan baik dalam hal pengetahuan maupun ketrampilannya. Keluarga ibarat lembaga tempat seseorang menga lami proses sosialisasi untuk memahami menghayati merasakan segala aspek kehi dupan sebagai ke rang ka acuan tindakan menghadapi kehidupannya. Dukungan keluarga berperan menunjang motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar. Latar belakang keluarga siswa bisa dilihat dari pekerjaan orang tua pendidikan orang tua keadaan sosial ekonomi keluarga dukungan keluarga terhadap pendidikan anak jumlah anak yang menjadi tanggungan keluarga dan cara orang tua dalam mendidik anak. Peneliti perlu untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil praktek kerja industri (prakerin) motivasi belajar dan latar belakang keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK jurusan listrik di Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangannya ada lah korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis des krip tif dan tek nik analisis regresi ganda karena ada 3 variabel bebas terhadap 1 variabel terikat. Uji Normalitas menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan bantuan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan listrik kelas III di SMK Negeri dan Swasta di Kendal. Pe ngumpulan data menggunakan data dokumentasi untuk variabel prestasi belajar yaitu nilai rapot yang sudah ada di masing-masing sekolah sedangkan variabel motivasi belajar dan latar belakang keluarga siswa menggunakan kuesioner ter tu tup. Sedangkan untuk variabel hasil prakerin menggunakan sertifikat prakerin daridunia industri/dunia usaha. Dari hasil penelitian diperoleh nilai sumbangan efektif variabel Motivasi Belajar (X2) paling besar dibanding variabel Hasil Prakerin (X1) dan Latar Bela kang Keluarga Siswa (X3) yaitu sebesar 0 225 atau 22 5 %. Sedangkan nilai sum bangan efektif variabel Hasil Prakerin (X1) adalah 0 104 atau 10 4 %. Begitu pula nilai sumbangan efektif variabel Latar Belakang Keluarga Siswa (X3) sebesar 0 10 atau 10 %. Untuk sumbangan efektif secara bersama-sama (simultan) sebesar 0 429 atau 42 9 terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) sebesar 42 9 % dan sisanya 57 1 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini seperti ki nerja guru kompetensi siswa disiplin kualitas guru intelegensi siswa dan masih banyak lagi faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain (1) meningkatkan efektifitas dan efisiensi sekolah mene ngah kejuruan (2) guru selalu memotivasi siswanya (3) keluarga mendidik anak nya dengan baik (4) adanya beasiswa bagi guru dan murid supaya tercapai cita-cita kita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa (5) adanya konsistensi antara dunia pendidikan dan dunia industri dalam pelaksanaan prakerin ini sehingga adanya saling menguntungkan di kedua fihak (6) adanya peraturan dari pemerin tah yang mewajibkan dunia usaha/dunia industri ikut serta dalam pendidikan bang sa dengan memberikan kebijakan pelaksanaan prakerin di tempatnya masing-ma sing (7) adanya konsistensi antara dunia pendidikan dan dunia industri dalam pelaksanaan prakerin ini sehingga adanya saling menguntungkan di kedua fihak (8) adanya peraturan dari pemerintah yang mewajibkan dunia usaha/dunia industri ikut serta dalam pendidikan bangsa dengan memberikan kebijakan pelaksanaan prakerin di tempatnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61722

Actions (login required)

View Item View Item