Sikap kewirausahaan siswa SMK bidang ketenagalistrikan di Karesidenan Banyumas / Oleh Achjadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap kewirausahaan siswa SMK bidang ketenagalistrikan di Karesidenan Banyumas / Oleh Achjadi

Achjadi (2010) Sikap kewirausahaan siswa SMK bidang ketenagalistrikan di Karesidenan Banyumas / Oleh Achjadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor penyebab lulusan SMK masih menganggur adalah tidak beraninya berwirausaha. Lulusan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan di Karesidenan Banyumas yang tertampung di industri berkisar 44% dan sisanya mengang gur. Sesuai tujuan SMK kurikulum 2004 lulusan SMK seharusnya dapat melihat peluang kerja dengan berwirausaha. Tujuan penelitian untuk (1) mendapatkan informasi sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan (2) mengetahui kemampuan mengajar guru kewirausahaan di SMK (3) mengetahui prestasi Prakerin siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan (4) mengungkap ada tidaknya hubungan kemampuan mengajar guru kewirausahaan dengan sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan (5) mengungkap ada tidaknya hubungan prestasi Prakerin dengan sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan dan (6) mengungkap ada tidaknya hubungan kemampuan mengajar guru kewirausahaan dan prestasi Prakerin secara bersama dengan sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan. Objek penelitian adalah Siswa pada SMK Bidang Ketenagalistrikan dari sekolah yang memiliki akriditasi minimal B dan sudah melaksanakan Prakerin tahun 2006/2007. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif korelasi Pearson Product Moment dan regresi linear ganda. Hasil analisis data dapat mengungkap (1) analisis diskriptif menunjukan sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan pada kategori sedang yaitu 75 8% kemampuan mengajar guru kewirausahaan SMK pada kategori sedang yaitu 96 1% dan Prestasi Prakerin siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan pada kategori sedang yaitu 66% (2) analisis korelasi menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil sebagai berikut antara X1 dengan Y(r 0 476) antara X2 dengan Y (r 0 526) dan (3) analisis regresi linear ganda menunjukan hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara bersama dengan Y. Koefisien diterminansi R2 0 375 r2 0 227 untuk X1 terhadap Y dan r2 0 277 untuk X2 terhadap Y. Penelitian berhasil mengungkap (1) sikap kewirausahaan siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan sebagian besar pada kategori sedang (2) kemampuan mengajar guru kewirausahaan SMK sebagian besar pada kategori sedang dan (3) prestasi Prakerin siswa SMK Bidang Ketenagalistrikan sebagian besar pada kategori sedang (4) kemampuan mengajar guru mempengaruhi pengetahuan kewirausahaan yang diperoleh siswa sehingga sikap terhadap kewirausahaanpun terpengaruh (5) pengetahuan dan pengalaman secara nyata (riil) yang diperoleh di Prakerin dengan melibatkan emosi lebih membuat terkesan sehingga lebih banyak mempengaruhi sikap siswa (6) kemampuan mengajar guru dan Prakerin mempengaruhi pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh siswa yang akhirnya mempengaruhi sikap siswa terhadap kewirausahaan. Saran untuk menumbuhkan sikap positif siswa terhadap kewirausahaan dengan cara meningkatkan kemampuan mengajar guru kewirausahaan dalam menggunakan berbagai variasi penggunaan metode dan media sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar dan untuk meningkatkan prestasi Prakerin siswa dengan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dasar sebelum melaksanakan Prakerin agar dapat beradaptasi dengan tempat Prakerin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61720

Actions (login required)

View Item View Item