Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi melalui model student team achievement divisions diu kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Bliitar / Pramesti Arimbi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi melalui model student team achievement divisions diu kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Bliitar / Pramesti Arimbi Putri

Putri, Pramesti Arimbi (2016) Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi melalui model student team achievement divisions diu kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Bliitar / Pramesti Arimbi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Pramesti Arimbi. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Student Team Achievement Divisions di Kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H Hadi Mustofa M.Pd (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar ips model Student Team Achievement Divisions Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Pojok02 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) guru tidak membuat RPP dan LKS (2) guru tidak menerapkan model pembelajaran (3) kegiatan pembelajaran didominasi guru (4) siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi (5) siswa belajar hanya dari penjelasan guru (6) siswa ramai saat guru menjelaskan materi dan (7) kelompok yang sudah selesai mengerjakan LKS membuat gaduh dampaknya dari 21 siswa hanya 5 siswa yang mencapai KKM. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendesripsikan penerapan model Student Team Achievement Divisions pada pembelajaran IPS dengan materi kegiatan ekonomi dan (2) memaparkan peningkatan hasil belajar IPS dengan materi kegiatan ekonomi melalui model Student Team Achievement Divisions. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penilaian yang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Divisions membuat siswa lebih aktif Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar pratindakan 69 77 siklus I adalah 76 26 dan siklus II adalah 79 64. Ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan sebesar 23 80% siklus I sebesar 52 37% dengan kriteria kurang dan siklus II mencapai 82 90% dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan guru menerapkan model Student Team Achievement Divisions pada pembelajaran IPS dengan materi kegiatan ekonomi agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan tujuan pembelajaran tercapai. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6172

Actions (login required)

View Item View Item